about me / Bahasa Indonesia / Family / Thoughts

Apa rahasianya?

Tahun lalu ada temen gw yang tanya apa sih rahasianya menikah lama? Gw ngga bisa jawab pertanyaan ini dengan singkat. Bahkan setelah tanggal 27 Agustus lalu, tanggal pernikahan gw yang ke 25 tahun dengan suami, gw masih ngga ketemu jawaban mengena dan padat untuk pertanyaan di atas, maka itu gw tulis pos ini.

Yang gw tahu dari pengalaman pribadi adalah pernikahan itu kerja keras ke dua belah pihak. Makin tua mata gw semakin terbuka bahwa pernikahan itu penyatuan dua individu yang berbeda berdasarkan karakter dan nilai yang dianut kemudian setuju untuk hidup bersama hingga maut memisahkan. Dengan pemikiran seperti ini, walau sudah menikah 25 tahun gw makin merasa ngga pada tempatnya untuk menulis tip pernikahan awet karena tiap pasangan berbeda. Beda tujuan, latar belakang dan prioritas mereka sebagai pasangan.

Apa yang gw dan suami tahu di awal pernikahan kami dan apa yang kami tahu sekarang itu berbeda. Gw dan dia berkembang sebagai individu baik profesional maupun pribadi; sebagai pasangan dan orang tua dari anak gadis kami. Mungkin kah ini kebetulan karena kurva perkembangan kami ini sejalan makanya sampai setelah 25 tahun menikah masih in love dan makin menghargai satu sama lain? Beneran gw ngga tahu. Gw tahunya dia membuat gw menjadi manusia yang lebih baik karena dia menghargai dan mencintai gw apa adanya, selalu mendukung sebaik mungkin dan ngga segan menegur kalau gw salah. Gw juga berlaku sama ke dia. Cara kita menyatakan dan berlaku seperti ini ya berjalan begitu aja sih.

Berfilosofi tentang pernikahan itu menarik. Sebagai perempuan yang bahagia menikah, gw berusaha memahami pernikahan yang menurut sebagian orang adalah merupakan institusi. Walau gw sudah mapan batin untuk sekarang ini dengan status menikah, gw juga semakin empatis dan semakin paham bahwa pernikahan bukan lah untuk semua orang.

Menurut gw pribadi pernikahan bukan pencapaian. Juga bukan ajang melarikan diri dari keluarga inti supaya bisa keluar dari sana. Waktu gw memutuskan menikah dengan suami, gw hanya ingin bahagia sampai tua dengan dia. Menurut umur sekarang ini gw dan suami termasuk sudah tua ya, jadi niat kami berdua semoga diberi kesehatan supaya bisa merayakan pernikahan emas. Apa rahasianya supaya bisa mencapai pernikahan emas? Ngga tahu, kami jalani ini berdua sambil tidak berhenti untuk saling mengasihi dan menghormati. Yang pastinya: pernikahan itu adalah kerja keras tiada henti.

Featured image: Joe Yates on Unsplash

5 thoughts on “Apa rahasianya?

  1. love you both (and salute on the constant efforts you both did to reach this point in life). bahagia selalu, mbak yoyen dan mas ronny!

Tell me what you think

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s