about me / Bahasa Indonesia / Blogging / Social Media

Hari Blogger Nasional 2018

Untuk para blogger Indonesia: selamat Hari Blogger Nasional 2018! Semoga masih dan tetap tekun ngeblog untuk ekspresi diri kalian, di niche apa pun kalian aktif.

Top View of desk with stationery, coffe and digital product

Tantangan untuk tetap aktif sebagai blogger itu banyak. Selain fokus untuk rutin menulis yang ngga gampang, ada juga platform media sosial lainnya yang semakin dominan di dunia maya. Gw sempet hiatus ngga terencana di sini karena lebih aktif di Twitter 2 tahun terakhir. Sekarang situasinya terbalik, gw lagi istirahat sebentar dari Twitter dan mulai rajin nulis lagi di sini.

Menurut trend media sosial monitor di Belanda, gambar bergerak  (film/video/vlog) semakin populer. Selain itu yang makin menanjak adalah (live) streaming dengan Instagram Stories, Facebook dan YouTube. Fokus orang beralih dari baca ke nonton.

Sebagai blogger gw masih percaya di medium ini walau interaksi berkurang, lebih sedikit komen dan likes yang masuk dibandingkan dengan 4 tahun lalu misalnya. Di samping medium untuk menonton konten, blog masih perlu untuk refleksi, podium untuk menulis pendapat. Kadang kata yang ditulis lebih masuk ke pembaca dibanding gambar bergerak yang harus sering diulang untuk menangkap maknanya lebih dalam.

Blog dengan isi teks dan sesekali foto serta gambar bergerak, saling melengkapi dengan film/video/vlog. Ada orang yang lebih nyaman menulis daripada membuat gambar bergerak dan sebaliknya. Ada yang menikmati dua konten berbeda ini, ada yang lebih suka satu dari yang lain.

Dari ngeblog sejak 2004 (mulai di Friendster, Blogspot terus ke WordPress) gw kenal beberapa blogger dari Indonesia. Ada sejumlah dari mereka yang jadi temen sampe sekarang.  Sekarang kontak gw dengan temen blogger ini lewat Instagram yang konon juga blogging platform.

Selamat Hari Blogger Nasional. Jangan bosen nulis ya. Untuk pembaca blog ini, jangan cape nunggu pos terbaru terbit ya. Terima kasih udah bertamu di rumah online gw ini.

Gambar diambil dari Freepik.

 

 

Advertisements

31 thoughts on “Hari Blogger Nasional 2018

  1. Selamat hari Blogger Mbak Yo! Senang kenal dengan beberapa blogger termasuk Mbak Yoyen. Senang akhir2 ini Mbak Yoyen kembali nulis di blog lagi. Aku selalu baca meskipun tidak selalu meninggalkan komen atau like.

  2. Selamat hari Blogger nasional juga mbak. Ya, banyak yang beralih atau memadukan keduanya. Orang mungkin senang sesuatu yang bisa dirasakan oleh inderanya di dunia nyata (pendengaran dan penglihatan)

  3. Selamat hari blogger juga, mba Yoyen!
    Betul, tantangan banget sekarang biar tulisannya bisa dicari, dibaca sama banyak khalayak.
    Kudos yang masih konsisten dan bener bisa terus nulis yang bagus.

    • Terima kasih. Selamat hari blogger juga. Sekarang saya tantangannya konsentrasi untuk menulis. Banyak draft di dashboard tapi merampungkan tulisan itu ngga selalu gampang 😀

  4. Selamat hari blogger nasional, Mba Yoyen. Terima kasih sudah berbagi cerita, dan sudah menjadi teman baik di dunia maya maupun nyata.

  5. Berkat blogger bisa kenal sama Mbak Yoyen, mbak Deny, mbak Eva dll… aku memang tipe orang yang lebih bisa mengungkapkan sesuatu dengan tulisan, walaupun sehari2 orangnya lebih visual. Kalo vlog kan harus ngedit, mikirin storyline, lama bok. Kalo blog langsung bisa ditulis di tempat. Mau launching kapan, suka suka kita.

    • Ya, aku seneng bisa kenalan sama beberapa blogger, sebagian juga udah sempet kopdar. Kayanya akan tetap hiatus sementara dulu di Twitter dan fokus ke blogging Crys. Lebih tenang di sini ha…ha..

  6. Selamat hari blogger Nasional, mbak! Banyak manfaat dari baca blog, selain jadi kenal mba Yoyen salah satunya juga pengetahuan jadi bertambah dgn membaca, apapun jenisnya.

    • Aku juga walau sempet hiatus di sini, kalau bisa selalu berusaha baca blog yang aku langganan baca walau ngga tiap kali komen Yang.

  7. selamat hari blogger nasional Mbak Yo….
    aku pun lagi kembali mengumpulkan niat buat nulis lagi di blog, ga cuma blog walking aja

  8. Happy belated national blogger day, Yo. Berkat blogging pun gue jadi kenal loe, dan meski ga selalu komen tapi selalu baca your writing dan follow your IG. Gue lebih suka blogging daripada vlogging. Vlogging itu time consuming banget menurut gue. Ya bikinnya dan juga nontonnya. Kalau baca thu bisa cepet aza gitu. Tapi kalo nonton vlog kalo internet lagi lemot etc etc hadeuh makin males deh. Semoga kita selalu rajin menulis ya meski kadang ada masa hiatusnya😍

      • Maksudnya tidak kecanduan social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan semacamnya.

        Menurut saya platfom blogger tidak bisa disamakan dengan platfom social media. Blogging adalah sarana yang bagus untuk melatih budaya menulis.

        • Yang saya tahu semua platform di internet di mana manusia bisa berinteraksi termasuk media sosial. Selain Facebook, Twitter, Instagram, blog bahkanWhatsApp juga termasuk.

      • Secara umum Internet adalah media untuk berinteraksi di dunia maya.

        Please search on Google with the keyword “differences between blog and social media”.

        Groeten uit Indonesië.

    • Bagus deh. Semoga tetap ngeblog terus tanpa putus, ngga seperti saya yang 14 tahun ngeblog kalau dihitung hiatusnya 3 tahunan gitu deh.

      • Wahahaa tidak akaaaaaan ada yang bisa mengalahkan Mba Yoyeeen yang ngeblog 14 tahuuuun buset. Lamaaaaa amat mbaaa 😀 hiatus 3 tahun mah, hampir termaafkan dong, kalau sudah 14 tahun ngeblog dan bahkan sampai sekarang masi aktif 😀

Tell me what you think

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s