English / Thoughts

Are you a good listener?

I found this interesting infographic and gladly share it here. Sometimes we hear but do not listen. Other times we are in a conversation and tend to react to what others say with our own argument instead of really listen to them. From time to time I let silence fall into a conversation to digest what I have just heard. There were occasions where I jumped in and shared my argument without really listen to what others have to say. Now I try to be a good listener not only offline but also online.

How about you? Read this and find out if you are a good listener.

Are you a good listener?

Infographic is courtesy of CT Business Travel

11 thoughts on “Are you a good listener?

  1. Kebiasaan aku yang mesti dikurangin adalah, saking excited sama pembicaraan atau topik tertentu, jadi ga sabar pengen nanya dan jadi kesannya suka motong pembicaraan orang Mba Yo:/

  2. OMG mbak Yo, aku sampe 3x nih ngikutin anak panah.. hasilnya good listener. Iya kah?🙂. Sharing cerita.. sahabatku pernah bilang: saat aku pengen curhat masalahku, aku selalu ngandelin kamu.. karena kamu bener2 dengerin aku tanpa judging dan sibuk kasih solusi. Saat aku pengen pamer kebahagiaanku, aku juga seneng karena kamu gak heboh bales pamer kebahagiaanmu juga :)))).

    Mungkin yang kulakuin ini berlaku ke orang tertentu juga ya mbak.. aku ngerasa kadang masih suka gak fokus sih di tengah2 topik pembicaraan sama orang😉.

    • Wah hebat Dila, you are born as a good listener. Memang ada orang yang begini naturally seperti kamu, ada yang belajar lewat tricks & tips di atas. Aku golongan yang ke dua🙂

  3. Bagus ini infographic-nya, Yen. Entah kenapa, apa cuman di lingkungan pertemanan gw aja di Amrik kali ya, setiap kali ada kumpul rame-rame selalu ada satu atau dua orang yg mendominasi pembicaraan. Kalau dalam situasi gitu, gw termasuk occasional listener – di tahap mendengarkan udah gagal fokus sama yg diomongin😀

    • Sama sih Ndah, kalo rame-rame juga hanya satu dua yang dominan bicara. Gw coba terapkan ini untuk pembicaraan 1 on 1 atau di grup misalnya lagi rapat di kantor. Dengerin orang ngomong tanpa forming arguments itu susah ya🙂

  4. klo jadi good listerner harus ngasih good advice apa nggak ya mbak yo?

    dulu aku pernah coba jadi pendengar yang baik (masalah cowok), abis itu kasi masukan2 sederhana yang menurut aku sesuai sama curhatan dia, ternyata dia beneran ngikutin saran aku, eeh dia malah berantem sama cowoknya, cowoknya marah langsung pergi dan mungkin karena lg kesel nyetirnya ga karuan akhirnya cowoknya itu kecelakaan parah
    abis itu aku agak kapok ngasih saran ke orang yg lagi curhat
    setiap ada yg mau curhat aku selalu bilang “kamu butuh didengarkan saja kan? ga butuh masukan dari aku kan? karena aku hanya bersedia kasih kuping aku, bukan mulut aku”
    itu bukan termasuk good listener ya?

    • Pendengar yang baik ngga selalu harus kasih saran sih menurutku. Pendenger yang baik bisa mendengar orang tanpa potong ceritanya dia. Pendengar yang baik betul-betul ada perhatian mendengarkan cerita orang tanpa cepat memberikan pendapatnya. Kadang orang cerita ke kita hanya ingin didengar, bukan minta saran.

Tell me what you think

