about me / Bahasa Indonesia / Entertainment

No K-Klan

Kemarin hari Perempuan Internasional dengan salah satu headline berita: Kim K yang share foto bugilnya. Dalam pos ini gw bahas dia dan keluarganya. Ini uneg-uneg gw sebagai perempuan, ibu-ibu yang punya anak remaja dan feminis. Disklaimer: untuk pengagum keluarga ini yang ngga suka baca pos gw, silahkan browse blog lain.

Ada yang berpikir bahwa Kim berani berbagi foto badannya tanpa sehelai benang karena dia itu empowering perempuan, mendukung pemberdayaan perempuan bahasa Indonesianya. Sementara menurut gw ini cara untuk menarik perhatian publik karena faktanya keluarga K adalah pengusaha lihai. Mereka memperkerjakan staf yang pandai mempergunakan kesempatan supaya semua atau salah satu anggota keluarga ini jadi buah bibir masyarakat yang artinya kaching! Uang mengalir ke saku mereka yang sudah berat karena net worthnya keluarga K ini mencapai lebih dari 300 juta dollar!

Kembali ke sebab gw tulis pos ini. Sebagai ibu-ibu gw penasaran apakah pemuja keluarga K yang masih muda tahu bahwa si Kim namanya meroket setelah video dia berhubungan intim dengan pacarnya ‘jatuh’ ke tangan media? Jatuh gw tulis dalam tanda kutip karena menurut kabar burung, ibunya si Kim ini yang sengaja mengirim video ini ke media. Sampe sekarang masih cashing royalti dong. Selanjutnya gw khawatir bahwa fans mereka akan melihat nudity itu sebagai hal yang biasa. Gw bukan orang kolot ya, lihat nudity itu ya biasa aja karena tinggal di Belanda, negara yang progresif tapi sampe tembus mainstream media dan ‘jual’ fisik mereka untuk selalu ada dalam berita, hm….

Mungkin diantara kalian yang sekarang baca ini akan mikir, kalo ngga suka ya udah ngga usah baca/ikuti berita mereka. Ya, gw maunya begini, karena gw lihat 2 episode reality serienya mereka udah cukup. Apa daya media serius sekaliber Time pun kadang pasang berita tentang keluarga K ini. Bikin cape bacanya sampe kemarin gw twit begini.


Mungkin juga diantara kalian ada yang mikir kok gw serius amat bahas ini sampe tulis diblog. Ini uneg-uneg pribadi gw dan gw sadar keluarga K sudah menjadi bagian dari pop kultur dekade 2010an, the same decade adult colouring books are in demand. Gara-gara Kylie J gw sempet ribet sama anak gw karena gw pernah komen si Kylie ini pake lipfiller dan anak gw ngga terima. Gara-gara keluarga K obsesi ke contouring makeup gw kadang gemes di tempat umum pingin benerin makeup abg sini yang contouringnya ngga bener atau pake foundation warnanya oranye biar kelihatan tanned gitu.

Walaupun begitu ada satu hal yang gw kagumi dari mereka yaitu how they monetize their fame. Sekarang K klan itu udah jadi solid brand. Bisa mengangkat merk lama yang berdebu (contoh Givenchy) jadi hip lagi. Sukses brand building gini bikin gw mikir kok bisa padahal terkenalnya mereka juga ngga jelas kenapa. They are famous because they are. Bakatnya apa? Apa achievementnya selain update instagram accountnya dan drama dengan sesama seleb lain di internet? Apa pencapaian mereka yang membuat mereka terkenal? Karena sex tape? Karena bapak mereka, pengacara terkenal yang udah almarhum? Gw tunggu harinya dimana rating shownya mereka menukik kebawah, sama seperti shownya ex BFFnya Kim, Paris Hilton karena gw lihat orang udah mulai bosen dengan mereka.

Oh jangan khawatir ya, gw ngga menghakimi yang suka sama mereka, sekali lagi ini hanya uneg-uneg gw. Ngga setuju ok, akan gw hormati seperti gw harap kalian juga hormati pendapat pribadi gw ini. End of story!

Lorraine
Team Chloë Grace Moretz

64 thoughts on “No K-Klan

  1. Temenku malah bikin teori sebenernya the whole K-klan reality show itu business plan emak Kardashian (yang namanya aja aku lupa). Yep, sampe ke pas Bruce Jenner ganti kelamin jadi Caitlin Jenner dan bikin reality show.

    • Setelah dia nyadar bahwa ada daya jual dan potensi brandnya bagus Crys, jadi overexploiting the K brand. Ngeri aja punya ibu kaya gini.

  2. Semua demi bisnis ya. Kalo aku sih nggak ngefans mereka karena, seperti yang kamu bilang, mereka gak punya prestasi.

    • Aku ngga ngefans dan la familia no me gusta. Ada aja aku ngga sukanya: dari makeup tebel, suka buka-bukaan sampe skandal ini itu. Dibilang fansnya mereka cantik ini juga hasil operasi plastik.

  3. I have never been a fan of any reality shows, including the K family. It is scary to think what the world values these days. Our younger generations are so influenced by such a culture. We, as mothers have to be vigilant in monitoring the kind of culture that our children choose to follow.
    A great uneg2 btw mbak🙂

    • Me neither. I saw those two episodes so I could see them myself before I form my opinion. Not a fan of reality series because we don’t know if the plot is staged or not.

  4. I could not agree more, this has to end. Did you hear? Caitlyn is adopting a baby 😧😳😱 Oh that poor baby.

  5. Setuju banget sama postingan ini. Aku sendiri gerah rah rah sama keberadaan keluarga K ini, suka banget cari sensasi! Padahal bener kayak yang dibahas di sini, nggak punya bakat. Herannya fans garis kerasnya betul2 membela idolanya, di FB aku Mbak, ada temenku udah umur 30 lho bukannya ABG yang mengganti nama belakangnya jadi Kardashian…

  6. Kayaknya begitu popularitas menurun, si K bakalan menanggalkan pakaian deh biar meroket lagi. Modalnya itu doang deh.

    Aku bosen ngeliat mereka apalagi dengan kalimat andalan manjanya yang “Oh my God”.

    Nah soal Bruce Jenner ini menarik banget tapi yang aku suka, transformasinya bisa bikin banyak orang melek tentang transjender.

  7. saya dulu ga kenal sama yg namanya kardashian itu .. then kim starts to get the attention sampe ada kadarshian family show.
    trus gw nanya, achievementnya apa ya? selain cuma pamer boobs dan pamer bokong. tapi saya juga cemas sama society, seems like losing role model sampai model K gini bisa jadi idola

    • Dulu jaman aku muda yang paling mengejutkan itu Madonna. Dia pake bustier rancangan Jean Paul Gaultier yang warna putih – hitam itu aja udah heboh Yul, padahal masih tertutup. Sebanding dengan leotardnya Beyoncé deh sekarang.

      Eh sekarang orang ngga jelas achievementnya apa seperti si Kim ini bisa ngetop banget, dan sering bener pose telenji. Kalo Madonna kan dia performer gitu loh.

    • Maap kepencet, belum selese komen :p
      Nontonnya karena buat lucu-lucuan aja sih. Kok bisaa gitu semua hal dieksploitasi sama mereka. Dan ya, saya tahu kalo Kim jadi terkenal karena (kabarnya) si Kris yg jual sex-tape nya dia. Sampe segitunya si Kris itu.
      Setuju sih…bakatnya K cuma upload foto di instagram aja plus nudity nya dia. Oh ya,kalo ga salah si Kim pernah dapet kesempatan jd pengajar tamu karena kepopulerannya dia di sosmed. Sampe segitunya ya? Correct me if im wrong.

  8. setuju mba yo ” Apa pencapaian mereka yang membuat mereka terkenal?”,saya juga heran apa yang bikin K-klan ini jadi sebegitu terkenal…….

  9. Aku jg males loh mba Nontonnya, abis isiny gitu2 aja herannya koq bisa ya reality show nya mereka rattingnya tinggi. Followersnya pun banyak. Trus aku gak suka sama suaranya juga haha -*penting*

  10. Nggak pernah suka dan tertarik sama K-Klan, jadi maap2 nggak akan keeping up, lol. Btw, aku sampe enek mbak semua cewek pada highlight countouring lebay ala Kim padahal ngemol doang.. dan banana powder ben nye langsung laku kaya kacang goreng :’)))

    #teamChloëGraceMoretz

    • Ha..ha…iya Dil. Jamanku masih nari dulu ya contouring make up untuk pentas atau pengantin, sekarang jadi dipake untuk makeup sehari-hari. Berat bener.

  11. aku gak suka banget sm mereka semua Mba, gak tertarik nonton reality show nya, liat berita mereka atau apapun lah.. cuma klo emang bener gosipnya begitu bahwa emaknya yg nyebarin, serem jg pny emak gitu yaa >.<

  12. Begitu kuatnya pengaruh mereka melalui media sosial ya Mbak. Agree bahwa K klan termasuk pop kultur 2000 an, tp untuk yg berpendapat empowering perempuan, uhuk..nggak banget lah. Empowering perempuan ya dengan prestasi, bukan dengan sensasi. Fenomena sensasi dan media sosial ini udah merambat di Indonesia, jadi banyak seleb (yang ngaku artis) yg penuh sensasi..ngeri mbakk..ngeriii😓

  13. Aku jg bingung mereka itu terkenalnya gimana awalnya. Kalo ga salah Kim K itu dulu entourage-nya Paris Hilton dan kemudian ditemuin sama Ryan Seacrest disuruh bikin reality show sendiri? Tapi sampe segini ngetop, bener kamu blg mereka pinter monetize.

    Kamu tau yg drama Kanye-Wiz Khalifa-Blac Cyna dll ngga? Kalo ngga bagus deh karena ga penting, tapi itu salah satu kejadian yg bikin aku geleng2 kepala, ancur banget dunia showbiz sampe gini aja jadi heboh:/

    • Betul. Kim itu dulu selain BFFnya Paris Hilton, dia juga personal stylistnya. Karena itu kenal sama Ryan Seacrest. Bisa dibilang shownya K Klan ini seperti spinoffnya Paris Hilton & Nicole Richie. Loh kok gw tahu ya? Ha…ha…

      Iya, drama banget nih keluarga Chris, sampe masuk mainstream media sekaliber Time, Newsweek & NYT, so banal padahal. Waaa.

  14. aku timnya chloe moritz juga mba. biar kata aku suka nonton Kardashian tapi bukan berarti suka just guilty pleasure aja gitu ahahaha..apalagi yg break the internet si Kim bberapa tahun lalu. ih sumpah gak bangettt…kayanya si Kim ini krisis umur dan kaya worried she about losing her sex status symbol gitu..aku mikir cant she just be normal mom for a minute aja gitu..

    sejak pindah HK, gak dapat chanel buat nonton kardashian lagi deh, jadi kata Chicco baguslah biar aku gak ikutan noraknya mereka ;p

    Sekarang yang paling gress updatenya si Kardashian ini join snapchat buat ningkatin pamor lagi karena katanyaa si klo baca di gosip hollywood mereka dan mulai nurun *gak suka tapi upodate banget gosip mereka* ;p

    • Ha..ha..iya Nis. Kenalan dan temenku nonton K Klan guilty pleasure dan menertawakan mereka.

      Iya, kayanya Kim ini khawatir kalah tenar sama adik-adiknya dan sama yang lain ya. Pasti ada satu waktu dia diganti sama the next big thing.

  15. Ternyata ada juga yg ga suka..saya juga nggak habis pikir, bingung gitu apa ya yang menarik dari seri ini. Kl soal nudity. Lbh asik nonton yg ga pakai baju sama sekali…. animal planet…

    • Aku kalo lihat nudity dalam konteks sih ngga apa, seperti adegan pasangan bercinta di film atau di Belanda biasa itu iklan sabun/douche gel modelnya dibawah shower, kelihatan bahu telanjang. Kan ini konteks.

      Lah kalo si Kim ini beberapa bulan sekali pasti aja share foto telenjinya. Ngga perlu lah, kita udah tahu badannya dia kaya apa.

  16. Kadang aku suka nonton mba kalo gak ada kerjaan, bukan fans juga soalnya kadang terlalu lebay. Kriss Jenner yang bikin ngeri soalnya begitu ambisius, dan segala sesuatunya dijadiin uang sama dia.
    Achievementnya mereka ya sensasi doang mba. Mereka pinter menciptakan sensasi. Mau hasilnya publikasi baik atau publikasi buruk, itu tetep membuat mereka terkenal, mereka gak perduli sama hal itu. Lagian melihat makin lebaynya drama yang mereka ciptakan, kayaknya mereka lebih memilih publikasi buruk (berupa sensasi murahan dan gak jelas) karena membuat ketenaran mereka lebih bertahan lama.

    • Iya, as long as they stay relevant and in the picture bisa dapet job terus. Aku penasaran mereka nanti umur 50an mukanya gimana ya? Wong operasian semua. Ngeri.

      • Ya kayak si Kriss nya lah. Itu mukanya udah palsu semua mba, makanya gak beda jauh sama anak2nya. Mungkin yang lumayan bener (waras) cuma si Kendall Jenner.

  17. Dulu aku pernah nonton satu episode tentang keluarga ini pas lagi di cross-trainer skalian. lol, lumayanlah keluarga mereka kebodohannya cukup menghibur menurutku.

    • Selama ada prestasinya aku respek lah Fit. Model fitness atau model biasa walaupun modal badan kan ada prestasinya dan mereka kerja keras gitu loh.

  18. Memang oportunis sekali ya🙂 .

    Ah, tapi memang kok beberapa tahun belakangan ini banyak banget acara TV yang “sampah”, tapi entah mengapa peminatnya banyak. Mungkin semacam guilty pleasure gitu ya, nonton yang “ringan-ringan” aja tapi bagi mereka “menghibur”, hehe. Contohnya selain si K ini kan Jersey Shore yang ternyata di-franchise di beberapa negara lain juga (plus beberapa acara KW lainnya yang berdasarkan konsep yang mirip), hahaha😆 .

    • Udah lama sih acara TV sampah. Tahun 1993 MTV broadcast reality series The Real World. Aku inget masa itu beneran sesuatu yang baru karena orang biasa bisa terkenal. Terus akhir 1990-an ada Big Brother yang franchisenya sukses di negara-negara lain.

      Yang bikin reality stars ini terkenal karena online presence mereka, jadi kadang ada overkill feel gitu.

    • Ada dua fans kerasnya dia yang komen disini, gw langsung dikatain slut shaming🙂 Ho, wait. Ini pose telanjang ya, sering pula dengan maksud cari duit. Beda dengan slut shaming sih.

  19. Haha kita sama banget Mbak pendapatnya tentang K family ini. Sebenernya bingung juga kenapa mereka bisa sesukses itu, krn kayaknya mereka jual drama dan sensasi aja. They give everyone something to mock and bicker about. Tapi emang harus diakui emaknya emang jago nyari celah dan ngambil kesempatan.

  20. Liat pas jaman pasang tv cable buat refreshing dirumah semenjak pindah gak lagi, tapi tiap ngintip ceritanya sama aja dari dulu cenderung boring. Mungkin itu yang bikin kim tambah nggilani jualannya. Si kris gila ngejual anaknya semua bisa jadi uang udah kelewatan menurutku. Tapi sebenernya anak anaknya sadar banget terutama si chloe ada di beberapa episode dia kritik ibunya keras karena terlalu money oriented.

    • Walaupun ada yang kritik ibunya tapi mereka tetep ikut kan? Sadly money talk🙂 Aku sih terserah mereka mau ngapain, yang bikin prihatin ada beberapa fansnya yang menganggap apa yang mereka lakukan itu normal, contohnya pose bugil dan share di soc med. Ya ngga dong, mereka kan seleb (walaupun ngga tahu kenapa bisa gini).

Tell me what you think

