English / Study / Thoughts

Improve your presentations

Here are 10 proven rules to improve your presentations whether you make them in PowerPoint, Prezi, Keynote or other medium. Sometimes I witness people struggling more with the medium than with the message they plan to deliver. Remember, all those sofwares mentioned are supporting medium. 

Concentrate on the message. Starting by writing down which goals to achieve and what information to display on paper. The rest will follow. And last but not least, practice in front of the mirror. 

 

Source: 

Pinfographic

32 thoughts on “Improve your presentations

  1. And try not to tell everything in a presentation, haha😛 . Especially in a conference, it is practically impossible to explain everything including every single detail of our materials😛 . Just tell the story, more on the surface level and a little bit deeper on the important part(s), and it is fine.😀

    • Yes, completely agree Ko. You know what puts me off? A speaker who reads every single word on the sheets without making eye contact with the audience. This is so deadly boring.

      • Or even worse, a speaker who, for the presentation, literally just reads pages of sheets he had prepared for the presentation, making no contact nor interaction to the audience nor with the slide which has actually been prepared😐 . By this, I mean word by word, from those sheets. And I have witnessed this many times😐 .

        • Iya bener. Sekarang dikantorku lagi pada suka pake Prezi. Aku selalu bilang software itu hanya menunjang pesan kita, kalo fokusnya ke software ya pesannya ngga nyampe.

        • Beberapa minggu lalu bikin presentasi pakai Prezi, pas mau presentasi Internet mati. Akhirnya kelimpungan cari pinjaman modem.

          Makasih infographicnya Mbak, aku pas mau bikin presentasi. Jadi berguna banget ini.

        • Haha, masih “mending” kalau penunjangnya bagus (apalagi dimanfaatkan maksimal ketika presentasi). Yang aku heran adalah ada beberapa presenter yang sudah susah-susah bikin slide eh ternyata slide-nya sama sekali “nggak dipakai” karena dia cuma membaca teks aja yang sudah di-print di beberapa lembar kertas. Dan yang di-print disitu adalah kata per kata yang ia ucapkan, termasuk “So here in this slide we see … ” dan ketika presentasi kalimat ini ia baca sambil melihat teks dan sama sekali tidak bertatap-muka dengan audience, apalagi slide, haha😛 .

          Btw aku jadi ingat sebuah tips dulu di kelas presentasi. Katanya kalau bikin peraga/slide jangan keren-keren. Karena kalau terlalu keren, audience jadi terpana dengan kekerenan peraga/slide itu akhirnya malah jadi gak fokus ke presenter, haha😛 .

      • Pointers yang berguna banget mbak. Hahaha presentasi yg kayak gitu gaya orang Jepang bgt. Tapi mereka baca dari print out slides mereka yang udh ditambahin notes.

        • Bosen, ngga insipratif. Orang lupa bahwa prestasi itu kita menceritakan pesan. Kebanyakan lebih konsen ke mediumnya dibanding ceritanya. Mau sebagus apapun sheetsnya kalo membawakannya hanya dibaca langsung tanpa interaksi, publik ngga akan tertarik.

  2. Terima kasih banyak mba Yo untuk informasinya. Izin reblog ya mba.
    Aku masih struggling dengan ini. Ditempat kerjaku maunya slide presentasi itu menjadi blue print setiap project dan harus detail. Semua data harus masuk semua jadinya penuh tumplek plek sehingga kalau presentasinya udah selesai sekali dibaca bisa dimengerti. Nah yang buat jadi kebingungan sendiri.

    • Hai Sandrine,

      Silahkan reblog. Semua data harus masuk semua jadinya penuh tumplek plek sehingga kalau presentasinya udah selesai sekali dibaca bisa dimengerti. Ini susah banget ya realisasinya. Tergantung audiencenya. Mereka udah ngerti terms yang dipake atau gimana? Untuk yg buta dengan subjectnya ini impossible deh. Kalo kantor maunya banyak detail, buat summarynya di handouts, dibagikan ke audience setelah presentasi. Kalo kamu yang presentasi hanya angkat highlightsnya aja. Pernah ada riset perhatian orang hanya tahan max 15 menit ke satu subyek, so keep it short.

      Setelah 15 menit selesai, reserver 15 – 20 menit untuk tanya jawab.

  3. That infographic reminds me a lot about how to make a good presentation. I often do some pitch to the clients or the investors. Normally, I’ve only allowed to present no more than five minutes. Three to five slides would be enough to explain the main ideas of my whole presentation. Yes, you were right about the story telling. Everyone loves a story. Once we success to bring our ideas by telling them using a nice story, then the rest of it will just go to be more excited. No need too many slides to get their attentions. That is why we call it as “power point”, not “power slides”. Thank you, mbak Yo.🙂

    • Well done Andik! I use only limited amount of sheets as well. I strive to hold a presentation for 15 minutes max. Opening it by involving the audience and stimulate them to interact, helps to keep their attention for the coming 14 minutes.

  4. Reading this makes me remember the time I made presentation Mbak Yo. It was around 50 slides.

    About the first Mbak Yo. No bullets. Then what we should use then if we have points to show? Numbers?

  5. wah! thanks kakak.
    saya baru kemarin selesai training Best Presentation, rupanya match sama infografis dari kakak.🙂

    bermanfaat sekali.

  6. Ini berguna sekali, terima kasih banyak Mbak. Membantu banget buat saya yang sedang kesusahan menyampaikan cerita dalam sebuah presentasi *brb delete slide-slide yang tidak perlu :hehe*. Intinya clear and concise. Oke, mari kita coba!

    • Betul. Fokus ke pesan yang kamu sampaikan dan bisa dicerna oleh audience dalam max 15 menit. Lebih dari itu kepanjangan dan perhatian akan beralih ke hal lain.

        • Kalo ngajar kayanya bisa lebih lama lagi. Orang dateng ke kelas tahu apa yang diharapkan, belajar. Orang menghadiri presentasi menurutku expecting to hear a story, not a lesson.

Tell me what you think

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s