English / Family / Thoughts / Women

Back to basic

October is the breast cancer awareness month. Before I lost my sister to this mean disease last year, I have been supporting this by writing about Pink Ribbon. I feel like I need to continue writing about breast cancer as 1 out of 8 women will get it.

This year I want to come back to the basic by re-posting this useful infographic about breast cancer from Keep a breast.

IMG_7136.PNG

I can’t emphasize it too often; girls and ladies always pay attention to your body. Examine your breast monthly after your period.

Source:
Keep a breast

26 thoughts on “Back to basic

  1. Iya Mba, 2 th lalu aku pas mandi kok ada benjolan gede banget di payudara kiri. Untungnya abis dibiopsi dia benign walaupun tetep harus diangkat karena gedenya udah lebih dr batas max. Skrg tiap bulan harus monitor yang di payudara kanan kan masih kecil banget kalau2 jadi gede harus kontrol lagi. Tapi harusnya sih cuma fibroadenoma biasa.

    • Aku juga pernah 2 kali dioperasi ada fibriadenoma waktu umur 17 dan 21 tahun. Karena itu aku berhenti merokok Mar. Sukur sampe sekarang ngga kembali lagi. Tumor jinak ini kebanyakan diperempuan dibawah 30 tahun.

      Mudah-mudahan ngga ada lagi ya.

      • Iya kalo aku research kayanya mungkin bisa coba copot pill (walau nggak tau juga ngaruh gak) tapi masalahnya kalo copot pill, akunya malah ga dateng bulan *doengggg*
        Pillnya juga sebenernya kan diresepin dokter karena aku ada PCO… serba salah jadinya haha

  2. A very good reminder mba Yoyen😉 aku jd aware bgt skrg, dan baru aja kemarin uitslag echo dan punctie (aku neumuin benjolan lumayan besar di payudara sebelah kiri)…dan ternyata Fibroadenoom. Musti check per 6 bulan kalo semakin membesar hmm..mungkin aku milih diangkat aja. Bener bgt, cek sejak dini itu harus buat perempuan.

    • Gw pernah dua kali ada fibroadenoma. Dua-duanya diangkat, dan sampe sekarang ngga kembali lagi. Sejak itu gw berhenti merokok dan hidup sehat Pie. Kalo bisa sih sebaiknya diangkat walaupun ini tumor jinak. Good luck!

  3. Aku ada fibroadenoma ketemu skitar 3 tahun lalu, kecil sih cuma 1 cm3, kadang cuma kerasa kalo ngeceknya pas rebahan. Tapi tetep disuruh kontrol USG tiap 6 bulan.

    • Banyak ya ternyata yang ada fibroadenoma. Akan dioperasi kah Tami? Aku yang kedua kali lumayan cepet tumbuhnya dalam setahun, makanya diangkat.

      • Belum ada indikasi mau operasi mbak, masih kecil (terakhir cek sih) sekarang ga terasa sama sekali sejak mulai menyusui. Waktu hamil dicek dokter masih gpp. Belum cek lagi nih sejak melahirkan.

  4. Duh baca ini jd makin deg2an, thn 2006 aku pernah ada benjolan dan ngecek ke dokter di berlin katanya abses biasa, no special treatment needed, tp skarang keknya agak sedikit membesar, sedang membesarkan hati mau ke dokter cek lagi😦

  5. Thank you for the reminder, it does hit very close to me as you know that my sister was diagnosed as well. Remembering your sister in my prayers.

Tell me what you think

