about me / Bahasa Indonesia / Indonesia

Ngga tahu harga

Cerita orang Indonesia tinggal di luar negri yang liburan ke Indonesia selalu menarik untuk dibaca. Minggu ini gw baca cerita Patricia tentang gaya hidup di Indonesia dan Yayang tentang tarif anak-anaknya naik kuda di Bandung. Dua blogger diatas orang Indonesia yang tinggal di Belanda. Baca pos mereka gw jadi pingin cerita pengalaman gw tentang harga.

Sampe sekarang gw masih bingung loh sama harga di Indonesia. Kebingungan ini ada hubungannya dengan perasaan gw terhadap nilai intrinsik (maap ngga nemu sinonimnya) Rupiah sebanding dengan barang atau jasa.

Gw pindah ke Belanda tahun 1995. Pertama kali balik ke Indonesia setelah tinggal di Belanda tahun 1999. Gw baru ngeh gw ngga ngerti level harga setelah kejadian ini. Gw makan sama keluarga gw di Bengkel (tempat makan) Jakarta yang sekarang jadi perkantoran SCBD. Di parkiran ada tukang permen. Adik gw, pacarnya dan suami gw udah jalan dulu didepan. Gw mau makan permen jadi nawar lah satu bungkus mentos di si tukang permen itu. Dia bilang 4, gw tawar 2,5. Si abang setuju harga segitu. Gw mau bayar Rp 250. Yes dua ratus lima puluh rupiah, dua ratus lima puluh perak. Si abang jualan hanya bilang “Mbak ngga bercanda kan, 2,5 itu dua ribu lima ratus?”.

Gw bingung terus panggil adik gw. Dia bayar ke si penjual permen. Abis itu adik gw ngomel sambil ketawa juga sih “Kak, loe kok bloon banget. Mana ada Mentos satu bungkus dua ratus lima puluh perak sekarang?”. Yah mana gw ngerti harga mencuat setelah krismon dan Soeharto lengser tahun 1998? Memang gw ikutin berita di Belanda bahwa nilai Rupiah anjlok setelah Mei 1998. Bahkan banyak temen-temen serta keluarga di Belanda yang liburan like a king di Indonesia. Cuma ya otak gw ngga nyambung Rupiah anjlok bisa bikin harga Mentos jadi beberapa kali lipat dibanding 4 tahun sebelumnya. Cetek ya otak gw ha…ha…

Untuk perbandingan ini level harga tahun 1995 yang gw masih inget. Naik metro mini jauh dekat Rp 250. Bakso keliling rumah semangkok Rp 500. McDonald’s menu (hamburger, Cola & kentang) Rp 2500. Ticket bioskop PIM 21 Rp 10.000. Cover charge Music Room (discotheque di Hotel Borobudur Intercontinental) Rp 15.000. 1 bungkus Sampoerna A Mild Rp 600. Oh ya kurs 1 US Dollar Rp 1500. Kurs 1 Gulden Rp 1000. Waktu itu gw banyak punya lembaran yang merah ini dong di dompet.
IMG_6892.JPG

Setelah kejadian itu udah ngerti deh gw tapi tetep ngga tahu harga. Sejak tahun 1999 itu gw tiap dua tahun sekali ke Indonesia. Mulai tahun 1997 ada lagi yang gw perhatiin. Harga di kartu menu di resto, tiga 0 nya hilang! Jadi misalnya harga Rp 27.000 jadi IDR 27 k. Masih bingung kok cara nulis jumlah uang jadi begitu gw juga bertanya-tanya kenapa jadi IDR bukan Rp ya?

Nah seperti titel pos ini, Ngga Ngerti Harga, sekarang gw ngga ngerti harga di tempat pergaulan para kaum urban di kota besar di Indonesia. Mahal bo! Maksudnya coba ya berhitung. Kalo ngga salah harga Cappuccino dan Espresso di kafe gaul itu sekitar Rp 50.000 – Rp 70.000 betul ngga? Nah kurs € 1 hari ini Rp 15.580. Di Belanda harga Cappuccino € 2,30 Espresso € 1,50 (lihat foto dibawah dari Cafe Restaurant Momento tempat gw hang out deket kantor gw). Hitung deh sendiri di Rupiahnya. Belum lagi segala macam kue-kue ngehits Red Velvet Cake, Rainbow atau apa lah.

IMG_6893.JPG

Menariknya harga makanan tradisional di tempat makan yang biasa seperti warung pinggir jalan atau dipasar masih ada loh yang murah banget, seperti level harga yang gw inget. Tahun 2012 gw ke Borobudur sama temen & keluarga londo, kita mampir di Muntilan makan Soto Kudus (random amat ya) yang harganya seporsi cuma Rp 600! Ok dengan lauk sampingan (kerupuk, tempe tahu, gorengan) per orang jatuhnya Rp 8.000 – Rp 12.000. Di Karangasem juga makan Sate Lilit seporsi hanya Rp 15.000. Dan puncaknya adalah sarapan Nasi Pecel di mbok depan pasar Beringhardjo Yogya, udah kenyang makan hanya Rp 3.000. Saking murahnya gw & temen-temen gw ngga tega sampe kita kasih tip😉. Di Belanda beli sandwich untuk makan siang mulai dari € 2,50 keatas.

Jadi gimana ya menurut gw tentang harga ini. Menarik untuk membandingkan dengan harga di Belanda tentunya. Kesimpulan gw; harga makanan di Indonesia relatif mahal di tempat trendy tapi masih banyak juga yang murah, enak dan bersih. Harga barang juga relatif. Yang gw rasa murah banget di Indonesia adalah tarif hotel, transportasi dan salon! Disini sekali jalan Arnhem – Amsterdam naik kereta 1 jam 10 menit € 16,10. Potong rambut di Salon cuma ujungnya aja € 18. Ini asli hanya potong ngga diblow ya. Pijit kaki € 25 per 20 menit.

Ah mungkin gw harus belajar melepaskan ingatan harga sebelum tahun 1995. Gaya hidup sudah berubah. Memang Indonesia semakin makmur buktinya makin banyak gw lihat turis Indonesia disini dan di negara Eropa lainnya. Gw harus hapus level harga tahun kuda gigit kue talam itu dari kepala gw. Kalo ngga tetep aja gw ribet tiap ke Indonesia. Dan adik gw akan ngomel terus.

63 thoughts on “Ngga tahu harga

  1. Haha! Walaupun ngga “separah” Yoyen tahun 1999 aku juga sering kaget kalau ke Indonesia. Pernah beli minuman di Coffee Bean kaget harus bayar 60rb. Itu hampir sama dengan harga minuman di cafe sini, sekitar 35-40kr (1kr= 2000rp)

    Terus jadi bingung gimana mereka bisa punya duit untuk nongkrong2 di cafe ya? Bukannya merendahkan tapi living standard (income & cost) kan beda tapi harga kok mirip.

    Juga sama kegemaran orang Indo ganti hape yang harganya jutaan. Padahal disini banyak orang punya hape lama oke2 aja. Kalaupun beli hape pun bisa nyicil disini.

    Tapi bener yen kalau di Indonesia itu ada harga untuk semua orang. Mau murah bisa makan di warteg, mau mahal bisa makan di resto di hotel. Kalau disini harga makanan rata2 standar

    • Iya itulah Va. Betul bukan merendah, ngeyek atau nyinyir, kita jadi berhitung kan? Kenapa juga kopi mahal banget ya di Indonesia padahal kan salah satu penghasil kopi dunia? Kalo pake alasan mesin pembuat kopinya import dari Italia cincai lah, tapi kan moso lebih mahal dari sini?

      Ya kan, harga makanan minuman disini yang standar itu affordable untuk semua orang dari semua income level.

  2. Artikel elu menyadarkan gw kalau gw pun tidak update dengan harga-harga di Indonesia belakangan ini. Setiap kali menyiapkan liburan ke Indonesia selalu terkejut dengan harga yg ditawarkan. Apalagi liburan menyelam. Gw selalu pesan pakai bahasa Indonesia dengan harapan akan lebih murah, eh yang ada tetap aja sama rata, gak peduli WNI atau WNA, harganya tetep pakai euro. Bedanya kurs-nya untuk WNI pakai yg lowest rate kalau gak salah. Dan harga taksi juga…ya ampun, kaget gak sih ternyata harga taksi dari Bandara pun bisa nyampe ratusan ribu..

    • Ha..ha..ngga ngaruh ya Ndah pake bahasa Indonesia urus liburang menyelam? Pinter ya sekarang pake € bukan USD biar lebih stabil harganya, stabil mahal😉

      Gw kalo ke Indonesia bawa rombongan mending sewa mobil & supir Ndah. All in termasuk supir, bensin. Yang bayar sendiri tarif parkir dan tip/uang makan ke supir.

      • Yoi Yen..katanya investasinya pakai euro, jadi harga juga euro😀 Eh iya, harga parkir juga mahal kan ya? Gw kadang mikir itu gaji rata-rata org Jakarta berapa ya…Gw denger sekarang gaji PRT di Jakarta pun sudah jutaan..

  3. Wah kalo soal harga, aku kayaknya yang paling stabil pengalamannya, maksudnya stabil terus-terusan beradaptasi..hehehe.. Karena berbagai hal, dalam setahun aku berpindah-pindah tinggal di 3 tempat berbeda: Jawa Barat, Kalimantan Timur, dan Queensland (Australia), paling lama tinggal di satu tempat selama sebulan saja. Yang di JaBar tinggalnya di kota kecil yang semua serba murah, Rp.25,000 bisa beli makan pagi, siang, dan malam. Yang di KalTim tinggalnya di kota pertambangan, biaya hidup kayak Jakarta, Rp 25.000 hanya cukup untuk beli makan siang. Sementara yg di Australia tinggalnya di kota sedang-sedang saja, Rp 25.000 hanya cukup utk secangkir kopi… Dan setiap kali mulai terbiasa dengan satu tempat, setiap kali itu juga terkaget-kaget ketika lihat harga di tempat yg satunya ketka pindah lagi.. Begitu terus-terusan sepanjang tahun…

  4. Naaah iniii bener… Jadi kalau mau nongkrong asik dan terlihat gaul di cafe2 or resto2 yg lg heitzzz silahkan rogoh kantong dalam 2. Tapi kalau mau yang rasanya lebih enak, murah silahkan beli di mbok2 di pasar.

    Di jogja beli tempe daun 5000 dapet 11-12 biji. Bubur/nasi gudeg, 5000 udah pake telor dan sayur komplit. Nasi padang deket kosan dulu di daerah Setiabudi, 11 ribu udah pake paru plus telor.

    Aku lebih milih yg murah meriah. Mumpung di Indonesia, ngapain beli yg mahal2. Kalo kopi Carlo nggak mau diajakin ke cafe2 hitz itu. Mending gak usah ngopi, jus duren ato jus alpukat aja lebih enak katanya. Harganya gak rasional menurut dia. :))

    • Larang je mau makan ditempat trendy gitu. Memang dibawa mahal atau murah bisa. Cuma yang ngga habis pikir kok mahal bener ya diukur dengan pendapatan disana, ngga seimbang Gi.

  5. Xixixixi. Bakso semangkok cuma 500 perak? Masih murah bgt yah ituh..
    Tp harga d indonesia emang gak standar sih yah. Tergantung tempatnya.
    Aku yang 2tahunan ini berpindah2 tempat, dan walopun tempatnya gak terlalu jauh n masih di jawa aja, kerasa bgt beda harga antara satu tempat n yg lainnya.
    Dan akhirnya kita jg yg harus menyesuaikan.

    Salam kenal mb.. ^^,

  6. Btw mba, kalo kongkow di sbux minimal 100ribu yang penting gaya mba😀 btw aku pernah baca artikel yg ditulis orang bule. Kalo jalan2 di Jakarta bisa makan dengan harga murah yaitu 5000an (warteg) atau bisa juga fine dining yg harganya 1jutaan per orang. Si bule sampe takjub hehe.

    • Betul Ji. Apalagi Sbux, mahal bener. Di Belanda juga Sbux lebih mahal dibanding cafe biasa. Harga yang ukuran tall Cappuccino & Latte € 3,15 Espresso € 2. Iya Fine dining sama juga sama disini. Aku maklum lah fine dining mahal apalagi kalo pake wine karena pajak Alkohol kan dari dulu udah tinggi.

      • Iya harga2 di indonesia luar biasa ya, kadang2 bikin takjub plus melongo😀 aku yg selalu tinggal di indonesia aja suka masih kaget ko mba haha

        • Berbeda bagai bumi langit ya. Tinggal pilih mau yang mana🙂 Berabenya ya kalo mau ikut gaya hidup high class tapi finansialnya ngga kuat😦

  7. Pokoknya sejuta udah ga bakal lama di dompet mbak, balik lagi ke ATM dan balik , ini pun padahal ngikutin gaya hidup waktu sebelum gw cabut ke Belgie sih.
    Kalau mau lebih murah jg bisa, asal siap panas2an dan becek, still i love it too though.
    Di Bali lebih seru lagi, mau sunset-an di lounge2 apa gitu lah ya, baru aja masuk lgs di warning sama staff nya, minimal order 600 ribu ya mbak. Beklahh! :))

  8. Mbaaa yo belum move on dari harha taon 95 yakk? Hahahaha….
    Aku sebel makan cake2 di tempat gaul macam senopati sana…makan kue sepotong aja.38rb plus pake tax dan service charge. Ogah balik lagi…hahaha

    • Ha…ha….tepat sekali istilahnya. Aku belum move on Jo. Itu makan & ngopi ditempat gaul Jakarta lebih mahal daripada disini. Apalagi di bar yang pake minuman alkohol, harganya bisa 2 – 3 kali lipat Jo.

  9. Di daerah luar Jakarta masih bisa dapet yang kurang dari 10 ribu. Kalau di Jakarta… beraaatttt… warteg yg jorok2 aja udah belasan ribu tanpa daging. Aku aja dulu for good lumayan shock. Ga sebanding gaji sama pengeluaran kalau mau lifestyle yg sama dengan di US.

    • Betul Le. Jemplang ya level harga. Suka bingung sama orang yang tiap hari makan/ngopi ditempat trendy gitu, penghasilannya berapa ya? Ini tanpa bermaksud nyinyir atau nyindir loh.

  10. Emang gila loh kemarin bulan juli tu aku balik pergi ketempat makanan jepang, makan udon berdua sama temenku karena dah lama gak ketemu. 2 x katsu udon dan 2 matcha = 500 ribu…. aje gile.(ketauan tuanya yah aku pake aje gile). Mahal banget yah ampir sama dengan di london. Aku mikir dan penasaran gaji org indo tuh berapaan sih? Dan temen2ku ampir tiap hari makan diluar, mungkin karena rata2 masih tinggal dirumah ortu gak bayar sewa yah? Walau dah nikah juga.

    • Iya gila ya Dine. 1 juta itu bisa abis satu week end sementara didaerah lain bisa untuk sekeluarga 2 minggu. Sama aku mikirnya, apakah orang Jakarta jutawan semua? Karena mall dan tempat makan trendy selalu penuh. Ini kita baru bahas makan & minum, belum barang dan mobil ya.

    • Temen gw orang Indonesia yang juga sudah lama tinggal di luar kapan hari ngomel2 pas pulkam. Katanya naik ATM dua juta sekarang udah cepet banget amblasnya, buat makan ini, naik taksi etc. Gilak. Emang Jakarta (dan Surabaya) sekarang sudah mahal!

  11. Wah Lorr, hartstikke bedankt di mention… traffic blog sampe file euy hahaha…. anw, iya bener utk salon en hotel, Indonesia msh ttp t.o.p.b.g.t. aku disana gunting rambut bayar cuma 50rebu… disini ke salon di depan rumah bayar 16euro blum termasuk cuci en blow hadeehh….wkkwkwkkk…. ^_____^

    • Sama-sama Pat. Kebetulan si Yayang juga tulis tentang harga di Indonesia jadi aku terinspirasi untuk tulis pengalaman sendiri.

      Indonesia memang surga untuk Spa & Salon rambut. Ah enaknya bisa perawatan dengan harga terjangkau ya.

      • Iya… Salon 50rb spa 100rb… Dmna coba di NL yg bisa hrga segitu hahaha… Tp kebalikannya, aku beli obat vitamin di apotik harganya 500an rb cuma dpt satu strip isi 8 tablet, smntra di NL kurleb 2eur dpt 1 botol isi 60 tablet hahahaa… Fijne weekend yaa, btw….🙂

  12. Nasi bungkus masih ada yang Rp2000 kok mba khususnya diangkringan, tapi bisa dipastikan naik bahan bakar semua naik harga di Indonesia merdeka ini🙂

    • Isinya apa tuh Aulia? Nah itu juga ngga ngerti ya bahan bakar jadi indikator untuk naik harga barang lainnya. Di Belanda ini ngga ngaruh loh. Dan ngga ada pedagang yang seenaknya menaikkan harga barang.

      • Itu nasi bungkus angkringan itu sering disebut nama nasi kucing, selain nasi putih atau nasi goreng lauknya ada macem-macem ikan, telur, dll.

        Ini memang yang aneh di Indonesia, bahan bakar akan naik November bisa dipastikan makanan naik harga juga dudu.😀

  13. Jauh banget ya bedanya sama skrg ya mba harganya.
    Tapi emang di Indo, liat daerah2 juga sih, kalo di Jakarta uda mahal2 semua.
    Kalo di daerah selain Jakarta yang masih kota kecil lebih murah.
    Makanya sampe skrg ga terlalu suka ke starbck dkk karena mahal >.<

  14. aku baru tahu kalau ternyata biaya salon sangat murah di Indonesia, pantas kemarin suami pas kesini happy sekali potong rambut di salon murah meriah dapat pijitan lagi dan bayarnya cuma 30 ribu…. padahal dia sudah bawa alat cukur segala kesini he he he .. pas saya bawa ke pangkas rambut madura lebih murah lagi……………dia bisa potong rambut tiap bulan ………….di US juga lumayan mahal buat spa dan salon……… ternyata di eropa juga ya…… kalau harga makanan di Makassar pun untuk ukuran cafe cantik juga mahal sekali.. sekali makna berdua bisa 150an-200an itu belum minum, itu cuma berdua ya padahal makanan biasa saja……..kalau yang murah kayknya 15 ribuan tapi gitu ya di warteg anyway harga Makanan makin ke timur Indonesia makin mahal, disini nasi kuning di pagi hari berkisar 10 ribuan keatas…cuma bakso yang lewat depan rumah aja yang harganya dibawah 10 ribuan………. kopi kayak S bucks harganya sama lah di jakarta….dan disini juga full saya juga heran sendiri, kemarin saya sempat ketemu ketua komunitas pemilik mobil jeep rubicon di sulawesi selatan dan dia bilang memberya ada se jumlahnya 1000 orang, berarti ada 1000 rubicon wara wiri satu provinsi………saya shock dengarnya., ini mobil harganya mahal kok bisa laku kayak kacang begitu…heran ini ownernya kerjanya apaan yaa…mereka kerjanya konkow konkow cantik gitu…………….HP canggih selalu update……….luar biasa………

    • Di Eropa Barat tenaga kerja dibayar per jam makanya produk dan jasa itu mahal. Makanya di Belanda mall itu buka hanya sampe jam 6 sore dan ngga 24/7. Selain bayar upah pegawai perusahaan juga wajib bayar asuransi, pajak dll kurang lebih 30% dari brutto upah.

      Harga makanan dan minuman disini sih ada juga variasinya. Hanya harga, tempat dan apa yang didapat sesuao dengan income level penduduknya.

      • pajak 30 % berarti kalau misal THP nya 10 jt yang diterima murni cuma 6 jtaan.. di Jerman juga saya dengar pajaknya lebih mahal lagi .. 40% …………tapi setidaknya pajak ke negara dan digunakan untuk kemaslahatan hidup rakyat…….

  15. Iya mbak, sekarang sih duit sejuta di Jakarta habisnya sekejap mata😀
    Hidup di Jakarta emang mahal, tapi bener ada tempat tempat tertentu di jakarta yang terhitung murah meriah (walau kadang kebersihan nya di pertanyakan). Kalo untuk di pusat pusat hiburan udah pasti mahal deh. Ngopi di Starbucks itu terhitung murah loh karena kan secara kuantitas juga banyak. Segelas venti Caramel machiatto masih seharga 48ribu itu bisa sampe kembung, di banding di coffee shop fancy bisa sampe 60 ribu cuma segelas kecil😀 . Yang jelas sih emang ada harga ada rasa
    kalo di Yogya itu emang surga nya hidup murah mbak, seneng deh kalo kesana makan enak dan kenyang masih dapet 10 ribu🙂

    • Iya. Lewat aja gitu uang sebanyak itu hanya untuk satu weekend. Tapi memang Jakarta sekarang juga termasuk salah satu kota termahal didunia May, khususnya harga properti menjulang.

      Emang bagus & kosmopolitan sih dan harganya sesuai gitu🙂

      • Duh kalo harga properti mah jangan ditanya mbak, keluarga muda sih udah megap megap mau punya rumah, boro2 apartemen

  16. Ono rego ono rupo ya mbak, harus pinter milih dan survey sana sini sebelum membeli tapi kebanyakan milih malah gak ketututan, jadi aku ya seringnya merem melek cleguk aja deh wara wiri ke ATM or terpaksanya gesek terosssss. Kalau uda gak ada yang bisa digesek, ngendon di rumah aja sampe bosen mangan sego telor ceplok sama kecap hahahahaha….🙂

  17. mba yo, aduh ini perasaan gw banget. Kaget pas makan di kafe gaul masa kini yang es teh manis segelasnya 25 ribu. Ya amploopp kalo upah minimum jakarta dibeliin teh manis semua cuma dapet 100 gelas teh manis ala kafe😀
    oiaaa, salam kenal. Udah follow lama jadi langsung sok ikrib *nunduk malu*

    • Iya, teh manis, pisang goreng masuk kafe jadi mahal ya😉 Salam kenal juga. Aku enaknya panggil kamu apa? Silahkan sering komen disini.

  18. Mbak Yoooooo hahahhhaha jaman kuda gigit kue talam huahahahhaa makanan ya tetep ujung ujungnya. Keluarga bule yg di skolah anakku cerita mbak kalo di indonesia mereka seriiiing sekali.makan di luar krn biaya makan di luar muraaaah dibanding di negeri asal mereka. Dan nyalon itu istrinya tertakjub takjum lulur spa sgala ug eksotis itu di bandung bayar 300 rebu udah perawatan ujung kaki sampe ujung kepala kan. Dan istrinya itu udah mahir kalo belanja atau bayar langsung ngomong judes ‘eh no harga bule ya. Saya tau harga asli’ hihihihi

    • Tetep dong Ndang kan ngakunya foodie jadi apa-apa dihubungkan ke makanan ha…ha… Pinter amat itu ibu bule tahu harga benernya. Betul, di Indonesia jasa itu sangat affordable. Aku suka rasa kehilangan aja momen kalo pegel tinggal creambath gitu. Disini ngga bisa, ngga ada pula.

  19. Mba Yo, kalo Py saban bikin postingan pake IDR dan bukan Rp karena faktor kebiasaan..hehe.. Py kan kerja di Bank, nulis mata uang yah IDR, SGD, USD gitu2…hehe..

    Terus soal kongkow Py ma Ai itu tiap wiken (start dari jumat malam – minggu malam) minimal habis 400rb. Itu sudah makan + minum, ongkos taxi dan nonton. Yang bikin mahal emang di makan minum nya sih. Sekali makan bisa 150rb-an. Apalagi kalo makan diresto2 ok macam SKYE, Union dan sekelasnya.. Sekali makan bisa abis 400rb sendiri, yg mana Py cobain sekali ut tau rasa & pelayanan yg emang ok bgt.. Kalo memang lagi pelit kami makan dulu dari kost, atau nyari makanan yg porsi besar ut dishare. Emang mahal sih mba Yo, Starbucks aja dah 45rb-an keatas.. Makanya kalo ga ada promo buy 1 get 1 suka males juga..haha😀 Owh yah, dikantor Py sekali makan siang itu 15rb standar bgt dah isinya.. Makanya suka bawa nasi/kentang dr kost trus beli lauk aja dikantin.

    Begitulah sekilas harga2 di Jkt skrg mba Yo.😀 Jadi panjang deh komennya..haha

  20. Karena aku bukan anak gaul jadi apa2 masih berasa murahan di sini hahaha.. Apalagi belanja sayuran di pasar. :p Pas pertama belanja di pasar lagi emang aku ngeblank soal harga (apalagi harga sayur, bumbu, dll kan fluktuatif juga yaa.. sekarang cabe lagi murah, cabe rawit sekilo cuma 13.000 di Jogja, cabe keriting 20.000).
    Kalau makan di luar sama suami juga kisarannya paling mahal 50 ribuan per orang sih.. Jadi itungannya makan berdua cuman 6 – 7 euro.😀 Tapi kami seringan makan di rumah.

    Soal tarif potong rambut, iyaa di Belanda mihil bgt ya. Temen2 yg cowok banyak yg memilih gondrong atau nyari temen yg bisa pangkas rambut.😀

    • Waa, itu harga idaman Cha🙂 Harga jasa di Belanda mahal banget. Yang murahan disini dibanding di Indonesia: alcohol, mobil & roti/pastry. Tinggal didaerah mana di Yogya?

      • Iya ya Mbak.. harga jasa mahal. Aku tinggal di deket Ring Road Selatan, deket Terminal Bis Giwangan.🙂 Kabarin ya Mbak kalau kapan2 liburan ke Jogja hehe..

  21. Waduh mbak emang kalau buat sekedar makan aja ada banyak yang murah dan enak taoi kalau buat nongkrong emang amit amit harganya yah syukur mending nongkrong di warung padang aja murah kenyang…
    Nasi pakai gulai kepala tenggiri cuma 15 ribu aja.

  22. Mahal mbak, mahal biaya pergaulan disini. Kalau mau diikutin mah ga bakal ada habisnya. Baru tau aku berarti beli kopi disini sama disana lebih mahal disini ya mba. Makanya kl ga penting2 amat aku jg males nongkrong di cafe, harganya makin hari makin gila. Dulu makan makanan di cafe yg harganya 30rb aja udah mahal banget. Skr 30rb baru dapet cemilannya doank mba😀 *bangkrut* Mending belajar masak sendiri itu sih. Hahaha

    • Mahal ya kalo dibandingkan dengan pendapatan. Ha..ha..iya belajar masak salah satu caranya cuma memang tempat nongkrong yang asik itu yang dicari suasananya🙂 Dan untuk suasana yang asik kita sebagai konsumen, bayar juga.

      • Iya sih mba, suasanya yg nyaman itu yang ga selalu bisa didapetin dimana aja ya. Coba ya punya ruang tamu macam kafe suasananya, udah gitu jago masak kayak mba Yo. Lengkap sudah :p

  23. Sayanggg keluar uang utk nongkrong hanya beli kopi yg harganya tinggi..
    Nunggu ada promo disc atau beli 1 gratis 1 baru deh iseng beli, harus denger denger info promo nih😀

Tell me what you think

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s