Bahasa Indonesia / Dutch Affairs

Paskah di Belanda

Selamat Paskah untuk yang merayakan! Di Belanda Paskah dirayakan dua hari. Ada istilah hari Paskah pertama (Hari Minggu) dan hari Paskah kedua (Hari Senin).

20140421-090844.jpg
Di pos ini gw akan cerita tentang kebiasaan/cara orang Belanda merayakan Paskah.

Pengantar
Resminya kerajaan Belanda itu negara sekuler yang artinya pemerintah tidak mengatur agama rakyatnya. Walaupun begitu banyak tradisi dan kebiasaan di Belanda yang berdasarkan agama Kristen. Salah satunya adalah perayaan hari besar agama Kristen; Natal, Paskah dan Pantekosta yang berlangsung dua hari. Walaupun begitu sejak beberapa tahun lalu, hari Jum’at Agung (Jum’at sebelum Paskah dimana Yesus mati disalib) tidak lagi merupakan hari libur resmi. Gw & suami kerja dan anak gw pun masuk sekolah di hari Jum’at Agung.

Arti Paskah
Ngga semua orang Belanda tahu persis makna hari Paskah itu apa. Perayaan Paskah dan hari besar Kristen lainnya itu sudah bergeser maknanya dari religius ke sosial. Sosial karena 2 hari libur jadi momen untuk berkumpul dengan keluarga dan teman.

Atribut
Seperti dinegara Eropa barat lainnya Paskah identik dengan telur dan warna warni. Di Belanda dan Jerman orang menghias rumah dengan ranting pohon kering, bunga dafodil, pita warna warni dan telur yang dihias cantik. Konon ini tradisi lama Jerman yang dilebur keperayaan Paskah.

Perayaan Paskah pertama
Hari Paskah pertama rata-rata keluarga Belanda sarapan atau brunch (breakfast & lunch) bersama. Gw ngga ketemu informasi kenapa Paskah di Belanda heboh dengan sarapan/brunch (pagi hari) sementara Natal dinner (malam hari).

Gw sebut heboh karena sarapan/brunch selama Paskah (Paasontbijt/Paasbrunch) itu menunya istimewa. Telur diolah berbagai cara, salad, roti, buah, paaseieren (telur paskah mini dari coklat seperti difoto), roti berbentuk kelinci Paskah dll. Makanan tradisional Belanda saat Paskah adalah Paasstol, roti isi marzipan dan buah-buah kering yang manis. Gw ngga beli/buat karena manis banget.

20140421-092620.jpg

Oh ya, sebelum sarapan/brunch, anak-anak kecil bisa cari telur paskah dirumah. Tradisi ini juga ada ya di umat Kristen si Indonesia. Setelah selesai sarapan, orang Belanda yang percaya ke gereja, yang ngga jalan-jalan atau piknik. Yang penting kumpul sama keluarga.

Kemarin malam gw kumpul dengan keluarga karena keponakan gw ulang tahun. Ini dia makanannya, nasi campur! Foto ini diambil jam 7.30 malam, langitnya masih terang.

20140421-093640.jpg

Perayaan Paskah kedua
Nah ini yang ajaib dan sampe sekarang setelah lama tinggal disini gw asli ngga ngerti. Di Paskah hari kedua, kebanyakan orang Belanda kegiatannya adalah ke toko meubel atau ke showroom mobil!

Setelah sarapan yang ngga seheboh hari sebelumnya, pagi-pagi berangkatlah orang londo ke Ikea atau toko meubel lainnya atau showroom mobil. Pernah waktu si G masih kecil kita bertiga ke Ikea, tobat deh gw. Di exit highwaynya udah macet 1 jam. FYI di Belanda Ikea lokasinya dipinggir highway dan macet 1 jam itu ukuran Belanda udah parah banget. Seinget gw akhirnya gw beli printilan dapur dan kamar mandi waktu itu. Memang banyak promo gila-gilaan sih untuk semua barang dan mobil. Dan ada orang yang sengaja nunggu Paskah mengincar harga promo.

Hari Paskah kedua juga banyak dipake orang untuk bersihin taman rumah. Kayaknya nanti siang gw akan cabut semua tanaman liar di belakang. Ngga lagi deh ke Ikea hari Paskah kedua, kapok.

Itulah cerita perayaan Paskah di Belanda. Lebih kearah sosial dan ekonomi daripada kearah religiusnya.

Semua foto diambil dengan iPhone & telah dimuat di Instagram kemarin.

36 thoughts on “Paskah di Belanda

  1. Mba’ Yo. sama ngga ngerti juga mengapa hari Paskah kedua jadi berakhir jadi cuci mata di toko sejenis IKEA atau DIY lainnya. Padahal dulunya kan karena perjalanan mudik itu makan waktu, makanya dikasih libur 2 hari. Mestinya pas sekarang perjalanan bisa singkat entah libur hari ke-2-nya jadi ngga perlu atau acara buat keluarga jadi lebih banyak yah?

    • Iya, ngga tahu juga ya. Aku rasa lucu sekaligus ironis karena hari Minggupun didaerah yang masih banyak orang Kristen kuat agamanya toko tutup, tapi di hari Paskah kedua malahan rame-rame ke toko meubel & showroom mobil. Ngga klop ini, het strookt niet met elkaar.

      Yang lebih bingung lagi, udah tahu rame tapi makin banyak orang yang ke Ikea hari Paskah kedua. Tunggu aja berita radio jam 12 nanti, biasanya ada laporan exit ke Ikea Utrecht udah panjang macetnya🙂

      Selamat Paskah juga Felis.

  2. Tuh kan ya, foto nasi campur doang aja kok ya bisa bikin ngiler, yaaaa…? Hahaha..
    Btw, libur paskah kemaren aku mudik ke jawa tengah, mbak Yo. Dan maceeetttttt bangettttt, huhuhu… Kapok ih, mudik libur 3 hari begitu. Mending ambil cuti di hari biasa, deh. *jadi curhat*😆

    • Ha…ha…berarti fotonya sukses Fit. Yah, cape banget kalo macet perjalanan panjang, apalagi bawa pasukan. Aku salut loh sama kamu & suami😉

  3. baru tau deh mba yo kalo paskah hari kedua disana pada ke toko meubel sama showroom mobil hihihihi.. aduh nasi campurnya bikin ngiler mba hahaha.. Selamat Paskah ya mba yo dan keluarga!🙂

  4. Kalo disini kamis jumat anak sekolah sudah libur. Sementara yang kerja Jumat tetap kerja. Hari minggu, biasanya acaranya kumpul keluarga dan lunch. Makan besar-besaran. Menunya biasanya ada torta pasqualina dan pastinya coklat berbentuk telur, ada juga dessertnya kue yg bentuknya kayak merpati. Untuk hari Seninnya disini juga libur. kebiasaan mereka mereka kumpul keluarga juga di country side house atau villa, atau piknik di taman atau pantai. Bisa juga barbeque bareng teman dan keluarga.🙂

  5. Met paskah Lo! Sama disini juga ada Easter Sunday dan Monday. Kl easter sunday byk org setelah acara gereja dan hunting telor, biasanya piknik di park. Kl Easter Monday toko2 byk yg tutup, krn msh school hols byk yg keluar kota.

    • Iya. Menurut mertua gw awalnya showroom mobil terus toko meubel ikutan. Sampe sekarang. Gw sih tahun lalu sempet ke toko meubel kecil Paskah kedua, rasanya civilised bener, going with the mass.

  6. Tahun depan giliranku cerita Paskah di Irlandia ya Mbak. Seninnya disana libur juga, cuma aktivitasnya ngapain aja perlu dicari tahu.

    Btw, aku selama SD sekolah Katolik gak pernah nyari telur, aktivitasnya malah menghias telur. Tiap tahun hiasannya sama, telur ditempel kapas untuk dijadiin Santa. Nggak kreatif ^_^

  7. selamat Paskah mba Yo dan keluarga..
    kok malah hari Jumat uda ga libur ya mb? padahal itu hari penting juga lho.
    kalo di Indo mah (kebanyakan) orang taunya Paskah itu hari Jumat, bukan pas hari minggunya. dan macetnya juga luar biasa krn libur panjang, apalagi di Yogya.

    • Terima kasih Leeca. Alasan Jumat Agung bukan libur nasional karena Paskah 2 hari liburnya dan bulan April Mei disini banyak libur nasional, kebanyakan.

    • Kok gitu?😉 Karena Belanda negara sekuler ya ngga ada yang nentuin hari raya keagamaan hanya boleh dirayakan umat tertentu. Lagipula prakteknya disini mau Natal atau Paskah, orang ngga ke gereja. Yang penting kumpul-kumpul dan makan.

  8. Kalo di Manado masih ada Paskah hari ke dua, Ibadah juga di Gereja. Tapi trus seringnya dipake untuk Pawai Paskah gitu.

Tell me what you think

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s