about me / Bahasa Indonesia / Blogging / Entertainment / Family / Photography / Travel

Ulang tahun di Paris

Post kali ini ditulis dalam rangka meramaikan giveaway yang diselenggarakan oleh Grace. Ini pertama kali gw ikut giveaway. Grace meminta para peserta menulis tentang pesta ulang tahun yang paling berkesan. Salah satu perayaan ulang tahun yang berkesan buat gw adalah perayaan ulang tahun G (Giulia) anak gw bulan Juli tahun 2012 di Paris.

20140401-231545.jpg

Kenapa Paris dan Euro Disney?
Sejak umur 8 tahun si G udah pingin bener ke Euro Disney. Berhubung tiket masuk mahal dan gw maunya kita optimal memanfaatkan tiket, jadi gw bilang ke G kita tunggu sampe dia tingginya lebih dari 1.20 m. Ini tinggi minimal untuk boleh naik atraksi di Euro Disney. Dan si G pingin banget juga ke Paris karena sebelumnya dia kesana waktu masih umur 4 tahun, belum ngeh betul. Nah sejak dia umur 8 – 9 tahun, mulai si G ngerti fashion, barang antik, bangunan, museum dan makanan enak (ketularan gw ha..ha..) tambah lah pingin ke Paris. Satu alasan lain ke Paris juga G mau ketemu temen deket gw yang tinggal disana.

Persiapan
Bulan April gw booking ticket Thalys Hispeed train, Amsterdam – Paris cuma 3,5 jam. Sementara naik mobil bisa 6 jam, masuk Paris sendiri lewat phéperique (outerring road) bisa 1 jam. Bulan Mei kita beli ticket Euro Disney online. Anyhow, G seneng dan sangat antusias setelah ticket ada ditangan. Mulai deh setelah itu dia buat board bersama di Pinterest; “Paris“. Gw juga bisa pin disitu. Lucu dan menarik lihat pilihannya dia.

Perjalanan
Awal Juli pergilah kita bertiga long weekend ke Paris, berangkat hari Kamis pagi balik Minggu malam. Didalam Thalys ke Paris si G udah excited dan asik aja ngobrol sama kondektur yang ramah dan telaten ngeladenin pertanyaan anak gw ini. Sampe di Paris, turun di Gare du Nord, gw minta dia untuk liat peta métro ke hotel kita didaerah Bastille dan beli ticket 1 carnets (pak 10 tiket) di automat. Turun di Metro Bastille, begitu naik keatas, seru dong liat si G yang ber oh & ah karena heboh lihat patisserie (pastry shop) dengan etalagenya yang penuh petit fours dan tart mungil yang cantik. Belilah Éclairs au Chocolat & Brioches sambil jalan ke hotel. Mungkin anak gw lebay tapi dia berterima kasih 4 – 5 kali ke kita (gw & papanya) saking senengnya ada di Paris dan boleh dapet apa yang dia mau.

Di Paris
Check in di hotel dan setelah istirahat sebentar, kita jalan-jalan ke Parc Royal, Place de la République, Saint Germain & Le Marais. Malemnya temen gw & Ron kasih kabar, ternyata mereka ada di Paris. Jadi kita janjian di Place de la Concorde terus naik metro ke Bir – Hakeim ke Eiffel. Gw & laki gw merhatiin ekspresi mukanya G yang sangat sumringah begitu metro naik keatas dan kelihatan silhouettenya Eiffel.

Anak kecil kalo seneng sepertinya batrenya turbo ya. Barengan dengan dua anak temen kita itu si G asik aja main di Eiffel, terus foto-foto disitu, ke Champ de Mars (taman dibelakang Eiffel). Sementara kita ngopi di kafe, ngobrol sampe jam 12 malem! Ngga terasa. Setelah itu kita pisah sama temen kita dan keluarganya.

World of magic
Berangkat dari métro Bastille jam 9 pagi, sambil slenteran liat-liat toko kita akhirnya sampe di Euro Disney jam 10 pagi. Perjalanan sih ngga sampe 30 menit naik metro RER (metro untuk tujuan daerah diluar Paris) dari métro Nation.

20140401-233345.jpgDidepan pohon ajaib, kebetulan warna bajunya matching.

20140401-233436.jpgKastil Sleeping Beauty yang letaknya strategis di tengah-tengah.

20140401-233456.jpgOrang tuanya Sleeping Beauty (Aurora).

20140402-141539.jpgMaleficent, si tukang sihir di Sleeping Beauty.

20140402-141603.jpg Cinderella, Cendrillon, Assepoester alias Upik Abu.

20140401-233513.jpg Kastil si Putih Salju (Snow White) dan 7 kurcaci.

20140402-141550.jpg Ini mural (lukisan dinding didalam kastilnya Snow White).

20140401-233539.jpg Atraksi favorit gw, Mad Hatter’s tea party dari Alice in Wonderland, muter-muter di cangkir raksasa.

20140401-233553.jpg
Ya, duduk manis berdua di cangkir, bapaknya G ngga mau ikut. Ternyata kenceng juga muternya, gw agak pusing.

Tiap hari di Euro Disney ada parade dengan tokoh-tokohnya. Bagus deh. Dan gw rasanya jadi seperti anak kecil lagi, inget masa kecil gw yang seneng nonton film Disney klasik (Cinderella, Sleeping Beauty, 101 Dalmatians, Snow White, Jungle Book dll). Si G pegang tangan gw dan asik aja kita dadah-dadah ke semua tokoh yang lewat. Lagunya yang dipasang itu World of Magic, nadanya gampang diinget dan buat yang dengernya happy.

20140401-233616.jpg
Simba….the Lion King

20140401-233631.jpg
Hallo Woody!

20140401-233642.jpg
Cantiknya si Mary Poppins.

20140401-233655.jpgIni tenda Hiawata di bagian Wild West.

Kita selebihnya sempet lihat Pocahontas show, Pirates of the Carribean dan naik perahu sampan masuk theater It’s a small world. Sayangnya karena didalam gedungnya gelap, foto yang gw buat ngga sukses makanya ngga dipajang disini. Yang terpenting adalah kenangan dan yang ulang tahun seneng banget membuat gw dan suami gw juga seneng.

Jalan-jalan
Besoknya kita jalan-jalan. Hari itu paginya Paris hujan, jadi kita ke Museum Louvre & Orsay. Total di dua museum itu 4 jam kira- kira menikmati renaissance, impressionisme dll.

Louvre

20140402-141344.jpg

Setelah itu jalan-jalan lagi ke daerah Opéra, Madeleine dan sekitarnya, dimana si G makan gelato yang enak sebagai imbalan karena dia ngga rese seharian jalan kaki.

G and ice cream

Dan malemnya kita dinner di Page 35 didaerah Le Marais, janjian sama temen deket gw itu dan pacarnya. Tiap ke Paris gw selalu janjian sama temen gw itu di resto ini karena feelingnya menurut gw Paris banget, ngga begitu banyak turis dan makanannya Perancis. Kalo siang kita makan siangnya crepe (kue dadar tipis manis) atau galette (kue dadar tebal dan asin). Malam itu kita dinner lengkap, bahkan si G pun pesen 3 courses. Gw dan temen gw ada kejutan untuk si G. Jadi setelah kita selesai makan makanan utama, dessertnya yang keluar adalah tart ulang tahun chocolate almond! Si pemilik dan stafnya bawa tart ini dihias kembang api dan lilin kecil untuk si G sambil nyanyi panjang umurnya dalam bahasa Perancis terus Happy birthday to you dalam bahasa Inggris. Tamu resto lainnya juga ikutan nyanyi. Anak gw seneng banget tapi malu-malu kucing sekaligus surprised karena jadi perhatian orang. Dia bilang ke gw & bapaknya ‘Thank you so much. So far this is my best birthday ever!’. Ah nak, kami juga bahagia kamu senang dengan perayaan ulang tahun yang intim ini. Berhubung didalam restonya gelap foto tiup lilin diatas tartnya gagal. No worries, memorynya lekat kok dikepala kita bertiga.

Page 35 Paris

Untuk gw selain ulang tahun pertamanya G, ini juga perayaan yang paling berkesan sebagai ibunya karena gw mulai ngeh bahwa anak gw semakin besar dalam tutur kata dan tindak tanduknya. Up to the next travel birthday destination G!

Sumber:
Paris poster karya Sophie Henson

23 thoughts on “Ulang tahun di Paris

  1. mba si G cantik anaknya suka deh sama senyumnya, ke Disney.mah aku belum pernah kapan bisa kesempatan kesana ya yang dekat saja di singapura aja yang dekat.
    lalu sekarang umur G berapa mba 10 tahun or 11

  2. aaah how sweet little G, nice banget ceritanya mbaak.. aku pun suatu saat bakal ajak anakku ke Disneyland. Aku dah pernah ke Disney Euro dan USA and I LOVE IT!! wish me luck🙂

  3. Ya elah mbak…gue aja yg udah gede begini dibawa ke Euro Disney ajah kalap ga mau pulang jangankan Giulia coba hahaha! Zo ontzettend leuk!!! semoga menang yaa trus hadiah nya bagi rata hehe. Seneng deh baca cerita nya lucu, gue jg kalo punya anak se-manis dan se sopan G mah seneng banget. Btw pinterest nya G cakep2 banget loh.

    • Iya Pie, seneng, beneran world of magic. Cuma magic juga bisa menipiskan isi dompet ha…ha…Rajin tuh si G update di Pinterest, dia suka bener.

  4. Ya ampun mbaaaa, aku begitu liat IG langsung mikir mba ultah hari ini hahaha. Soalnya besok ultah aku, mau langsuk sok2 bareng gitu di april hahahah.

  5. Aaiiihhhh…. yang baca jurnal ini aja seneeeenggg luar biasa, apalagi G ya mbak Yo.🙂
    Kebayang itu sampe 4-5 kali ngucapin terimakasih, pastiiiii saking senengnya.
    Btw, sejak itu pernah kesana lagi nggak, mbak?

  6. Pingback: [edit] SENIN PAGI | chicklyfresh

Tell me what you think

