about me / Bahasa Indonesia / Culinary / Indonesia / Photography

Pencurian foto

Tadi pagi selagi sarapan jam 7 waktu londo (jam 1 siang WIB) gw buka Twitter dan liat RT temen gw ini.

printscreen 1


Terus gw penasaran langsung tanya ke mereka. Ketemu dimana foto ini karena ini foto gw di foodblog gw resep Kangkung Cah Terasi, tertanggal 6 juli 2011. Biar jelas gw pasang juga deh fotonya disini.

Kangkung Cah Terasi Lo Foodie

Seperti kalian liat ini memang foto yang sama, hanya dicrop jadi nama gw dan ikan asin dibawah kanan itu ngga keliatan. Terus gw minta keterangan dong ke temen-temen gw itu. Mereka bilang itu twit dari @Kuliner_Bandung. Nah, gw reply kesitu. Jam tujuh lewat delapan menit ya replynya. Terus gw berangkat ke kantor.

printscreen 2
Jam 10.30 waktu londo (Jam 4.30 sore WIB) gw check Twitter apakah ada reaksi dari @Kuliner_Bandung. Ngga ada. Padahal gw liat twit terakhir mereka jam 3 sore WIB. Jadi gw RT lah twit tersebut.

printscreen 3
Nah setelah itu baru deh dibales mention gw sama @Kuliner_Bandung.

printscreen 4
5 menit kemudian si biang keroknya, @BebekGarang, reply ke gw.

printscreen 5

Supaya fair gw RT lah reaksi mereka dan janjinya mereka juga. Cuma gw nyari twit aslinya @BebekGarang yang di RT @Kuliner_Bandung ngga ketemu. Websitenya Bebek Garang udah gw ubek-ubek pun ngga ketemu foto gw yang dipake tanpa ijin ini. Mungkin sudah dihapus. Untuk pembaca yang merasa reaksi gw berlebihan ini penjelasan gw ya.

Kenapa gw marah
Seperti Noni pernah tulis dipostnya tentang foodblog featuring foodblog gw, buat food foto ngga asal jepret (buat foto obyek lain juga sih ngga asal jepret). Niat bener deh pokoknya. Walaupun foto makanan gw masih ecek-ecek banget tapi gw tiap motret makanan itu pake konsep. Persiapannya: masak apa, properti (piring, serbet dan tetek bengek lainnya) apa yang dipake, cahaya, sudut motretnya gimana dari atas atau bird’s eye, belum lagi editing. Ada tujuannya pasang nama gw gede-gede disemua foto gw (bukan hanya foto makanan aja), supaya jelas foto itu gw yang buat. Kebayang ngga berangnya gw tadi pagi liat foto gw dipake tanpa ijin, terus dicrop lagi. Deuh, untuk orang yang suka motret pasti ngerti, crop foto ngga bisa sembarangan, ada ratio dan perbandingannya 2:3 yang paling biasa. Misalnya seperti foto diatas ya, itu foto horizontal, dicrop jadi bentuk bujur sangkar komposisinya rusak. Feeling yang gw pingin tampilkan jadi ilang. Gw niat bener nulis ini sampe rajin aja buat printscreen dari Twitter. Ini dalam rangka menggalakkan kampanye anti pencurian konten blog.

Lepas dari hal teknis dan estetika, memakai karya orang tanpa ijin apapun bentuknya itu ya pencurian!

Bukan gw aja
Ini pengalaman gw ketiga foto gw dicolong orang tanpa ijin. Gw aja udah marah tapi kebayang ngga marahnya foodblogger Indonesia favorit gw, si Ditut kaya apa? Foto-fotonya Ditut itu sering bener dicuri orang. Bukan hanya untuk dipasang disite tapi dicetak dibuku! Baca deh ceritanya difoodblog dia yang bagus banget, The Yummy Corner. Selain Ditut, Ira Rodrigues pemilik Cooking Tackle juga pernah mengalami yang sama. Eh tapi ya tentang masalah curi-mencuri ini, ternyata banyak loh temen-temen foodblogger Indonesia yang kontennya dicuri plek, dikopi dan dipasang diblog lain yang tujuannya hanya cari untung. Konten ini bukan hanya foto tapi juga resep.  Memprihatinkan sekali memang ya.

Jadi ya mbak, mas dan adik-adik, kalo nyuri pake (food)foto orang lain mbok ya jangan dirusak, sebaiknya ngga crop sembarangan, watermarknya jangan dihapus dan seengganya ditampilkan sumbernya. Ngga semua empunya foto ini pasang harga kok. Apalagi foodblogger yang kebanyakan memang motret karena hobby. Gw bukan fotografer beneran, motret hanya hobby aja (makanya watermark gw Lorraine Image bukan Lorraine Photography, ngga enak sama fotografer beneran kalo pake embel-embel photography btw). Kalo dicantumkan sebagai sumber dan foto gw dipasang utuh tanpa diutak utik, gw udah seneng.

Sementara itu gw tunggu apakah @BebekGarang akan menjalankan janjinya.

PS Tahu ngga kalian bahkan merk terkenal seperti Mango dan majalah mode Vogue pun pernah curi foto orang? Baca ceritanya di The Guardian.

43 thoughts on “Pencurian foto

  1. Sudah banyak memang kejadian seperti ini dan berkali2 pdhl kan sama2 enak kl ijin ato mencantumkan narsum… Mw jualan kok ya hasil karya org dicuri, huuuft

  2. Aku malah baru tahu, kalo mbak Yo punya blog masak memasak.🙂 Dan yup, bisa ngebayangin sebelnya foto dipake2 orang seenaknya.😦
    Yaaaahhh, kejadian lagi deh curi2 eh.. pake2 foto orang ini, dan sebagai orang (yg tinggal di) Bandung, akun tweet itu dari bandug kan ya? aku ikut maluuuu…
    Yang lebih memprihatinkan lagi, aku suka liat tuh mbak.. di OLS jilbab, mereka jual kerudung, tapi pake foto seleb hijaber yang jelas2 udah punya brand sendri, jadi seolah2 si seleb hijaber itu make barang yang mereka (OLS itu) jual. Kacauuu… !😦

    • Memang aku hanya update resep disitu, ngga pernah promosi dan ngga blogwalking pake account itu Fit. Gila ya itu terang-terangan aku foto orang terkenal. Mereka ngga ngerti ya.

  3. Udah banyak temen blogger yang komplain kayak gini. Emang sih yaa foto kita udah beredar bebas di internet, cuma kalau dicomot seenaknya untuk tujuan komersil dan nggak bilang2 itu emang ngeselin banget. I think you did not overreact.

  4. Pencuri yg merasa tidak atau kurang bersalah, sepertinya. Intellectual property memang masih konsep yg samar buat bbrp orang.😦

  5. paling sebel dan bikin emosi sama orang2/pihak2 yang suka nyuri foto orang tanpa permisi! padahal udah jelas ada hukumnya yang mengatur kalo foto yang di published di blog itu kan terlindungi hak ciptanya. tapi banyak sekali orang2 ignorant yang gak peduli. apalagi kalo itu pihak media yang harusnya udah ngerti, tapi tetep aja ya… gak abis pikir gimana orang2 itu otak dan perasaannya. kok gak tau aturan dan gak tau etika banget.

    maap kalo jadi emosi karena kita sering banget jadi korban pencurian foto begini. yang terakhir baru kejadian beberapa hari lalu dari salah satu account twitter meme comic. udah gua protes eh dicuekin. yah kalo yang model begini biarin ntar bertanggung jawab sendiri sama yang Di Atas dah ya karena mencuri itu kan jelas dosa.

    • Cari gampangnya memang. Dan yang kadang gw kesel lagi adalah mereka merasa dengan minta maaf & ganti foto kita, selesai gitu masalahnya. Padahal kan foto & tulisan itu properti intelektual, ada copyrightnya.

  6. Tuch Om Arman yang sering banget jadi korban pencurian foto blognya, Mbak Lor. Meradang dengernya. Fotoku aja dulu pernah diambil juga di web lain…lupa namanya. Aku konfrontir ampe sekarang gak ada balasan.

  7. halo mba, salam kenal… aku mampir kesini gara2 tergelitik ama judulnya😀

    emang sebel ya kalo ada kasus pencurian foto gitu… aku yg fotonya biasa aja kayaknya bete banget kalo dicolong gitu… apalagi mba yg fotonya bagus gitu…

    sebenernya, kalo media2 gitu nyuri foto orang… itu karena mereka ga mau hire model atau siapin peralatan untuk foto2 dgn alasan budget, jadi mereka kebanyakan ambil dari google… tapi kalo yg uda punya nama, harusnya ngambil dari image bank… aku pernah kerja di media, jadi dikit banyak tau masalah foto2 gitu hehehehe…

    • Salam kenal juga Melissa.

      Aku tahu, aku juga di media & online komunikasi kerjanya. Makanya aku berang & tulis ini. Berapa sih harganya pake stock image? Bagus, ngga repot pula. Lagipula seperti yang aku tulis diatas, asal dicrop aja, ngerusakin karya orang.

      Thanks udah mampir dan komen ya.

  8. Ya ampun nyebelin abis bikin emosi banget. Aku telat ya baca ini?! Ga respek banget sih, jelas jelas di watermark gede gede masiihh aja! Semoga ini yg terakhir kali nya ya mbak.

  9. Ya ampunn.. Wajar banget lah Mba Yo marah, lah nyipatainnya sepenuh hati gitu.. Yg nyuri asal ajah..Huhh.. Padahal udah ada watermark, knp pake dicrop? Emang niat klo gitu mah… Semoga deh banyak yang baca biar lebih aware lagi klo mo nyuri2..

      • Yup, alesannya udah kepepet Py waktunya. Gampang bener ya minta maaf. Baca update terakhir dipost terbaru. Eh Py, kirim alamat rumahmu ke L(dot)Riva(at)live(dot)nl dong. Aku mau kirim souvenir dari poll itu.

  10. Pingback: Update Pencurian Foto | Chez Lorraine

  11. Sabar ya mbak Lo. Emang salah banget itu marketing restonya, jualan kok pake gambar orang lain. Mungkin memang google, tapi mbokya jangan dicrop gitu ya seperti yang mbak Lo bilang. Pelajaran juga buat resto lain kalo mau promosi dagangannya, jangan sampe pakai/merusak hasil karya orang lain.. Kan sayang kalo nama baik restonya jadi tercemar gara2 hal seperti ini ya mbak😦

  12. Trust me on this,
    yg kliatannya high rated “traditional” resto emang kadang lbh kurang ajar dr warted pinggir jalan, Klo diitung mungkin ada 10 warteg yang masukin foto pindang tulangku di bannernya, tanpa cropping watermark Dentist Chef-nya (wktu itu watermarknya ku taruh dipinggir foto) …
    http://dentistvschef.wordpress.com/2011/04/27/resep-pindang-tulang-khas-palembang/
    tp yg paling bikin jengkel wkt ada resto kelas kakap di palembang yg BERANI CROPPING FOTO ITU DI BUKU MENUNYA……
    complain dong ke managen on dutynya, eh sbagai permintaan maaf mrk free charge pesenan kami (totalnya 700rb-an), n berjanji mengganti buku menunya….
    aku blg ke mereka klo aku ga complain klo mereka gak cropping waternarknya (skrg udah perbaikin)
    yah, dipikir2 msh untung juga sih, hahaha

  13. *telat komen*
    Duh salah banget ini, jualan pake gambar orang lain tanpa ijin. *ikutan sebel gara-gara baca responnya yang begitu keliatan gak serius*
    Ci bebek galang ini kudu dipantau terus nih, sape tau nanti-nanti nyuri foto lagi.

  14. Mba Yoyen… Nyebelin memang kalo properti blog kita dicuri atau diplagiat tanpa membuat sumbernya… Beberapa postinganku juga diplagiat tanpa disebutkan sumbernya.

    Kedepannya untuk foto Mba, namanya dibikin ditengah aja biar ngga bisa dikrop seenaknya kaya gitu

Tell me what you think

