about me / Bahasa Indonesia / Dutch Affairs / Family / Thoughts / Travel

Lain Padang Lain Belalang

Hidup sebagai imigran cinta di Belanda sejak tahun 1995 gw pingin berbagi kebiasaan orang asli sini. Siapa tahu berguna buat kalian yang punya pacar orang Belanda dan rencana mau pindah kesini atau untuk yang cari pacar bule Belanda. Rada panjang juga sih tapi gw ngga sreg motong cerita ini jadi dua. Semoga betah ya bacanya sampe abis.

Windmill at Openlucht Museum, Arnhem

Going Dutch
Ini kebiasaan orang Belanda yang terkenal seantero dunia sampe ada ungkapan diatas dalam bahasa Inggris. Untuk yang ngga tau Going Dutch itu apa; Going Dutch artinya tiap orang di grup bayar sendiri-sendiri. Going Dutch ini bukan artinya pergi makan/minum berempat terus biayanya dibagi 4 plek ya seperti biasa di Indonesia. Going Dutch ini ya bayar sesuai yang loe makan/minum. Di resto/cafe di Belanda kalo ada grup mau bayar, biasanya pelayan akan dateng ke meja bawa rekening, kartu menu & tas pingggang (isinya uang). Tiap orang akan liat apa yang dia makan/minum, terus bilang kepelayan, bayar deh. Diulang terus sampe habis total biayanya direkening. Atau bisa juga si grup minta kartu menu, terus semua itung sendiri apa yang dia makan/minum, setor ke yang kumpulin uang, baru panggil si pelayan. Ngafe bareng tapi loe harus pulang duluan dari yang lain? Bisa juga ke kasir, bilang kita duduk dimeja yang mana, minum/makan apa. Kasir akan mengurangi konsumsi kita didaftar meja kita duduk. Terus bayar deh, kontan atau pake kartu. Beres kan? Mungkin risih ya kalo baru pertama kali begini, cuma kalo udah biasa ya ok aja. Malah lebih nyaman, daripada ngedumel di belakang.

Coba bayangin, loe pergi ngafe bareng bertiga misalnya. Loe cuma minum cappuccino, temen loe berdua pesen espresso plus cronuts yang ngehits & mahal. Rekening dateng, dibagi rata bertiga, dan loenya ya rada mikir cuma minum 1 aja kok bayarnya lebih. Ah, kedengerannya pelit ya gw 😃, tapi kalo gw disini jalan sama orang Indonesia ya ngga going Dutch lah, bagi rata semua. Gw tahu dari temen-temen di Indonesia yang sering dongkol juga kalo makan rame-rame. Soalnya ada yang kadang aji mumpung pesen ini itu. Atau ada yang bilang udah setor uang dari apa yang dia makan tapi kok kurang jumlahnya. Kasian yang kebagian kumpulin uang untuk bayar. Ujungnya dia yang nombokin.

Tepat waktu
Londo bangga banget tepat waktu. Dan memang mayoritas orang sini biasanya 5 menit sebelum janji udah dateng. Awas: Dateng 10 menit sebelumnya akan dinilai lebay. Gw pernah dateng 10 menit sebelum waktunya ke janji sama partner kerja gw, takut dibilang lebay gw duduk bentar deh dibangku taman depan gedungnya dia. Terlambat? Masih bisa ditolerir sampe maksimal 10 menit. Disekolah anak gw kalo murid telat 5 menit masih boleh masuk kelas tapi diberkasnya dia dicontreng dia itu telat. Telat 10 menit boleh masuk gedung sekolah, tunggu diruang tunggu sambil ambil surat telat untuk dibawa buat mentor kelas & orang tua. Boleh masuk kelasnya waktu mata pelajaran kedua. Yang telat lebih dari 10 menit ngga bisa masuk gedung sekolah karena gerbang sekolah digembok! Makanya si G berangkat jam 7.45 tiap hari padahal sekolah mulai jam 8.30 dan dia hanya 15 menit naik sepeda dari rumah kesekolahnya.

Cium pipi 3x
Ini seru juga. Kebiasaan orang Belanda kalo ketemu cium pipi 3x! Cium pipi ini bukan hanya untuk orang yang lama ngga ketemu ya, juga untuk mengucapkan selamat (ulang tahun, nikah, promosi kantor, natal, tahun baru) & menegur orang yang baru kenal (yang ini gw semakin males).

Sejak 2006 gw selalu ambil cuti antara natal dan tahun baru untuk menghindari resepsi tahun baru dikantor (biasanya tanggal 3 – 4 Januari). Abis gw males bo cium pipi 3x sama orang-orang sekantor yang ngga kerja bareng sama gw, atau yang kerjanya satu gedung. Diresepsi mereka akan giat cium pipi 3 kali tapi besoknya papasan kaya ngga kenal. Sensi kali gw ya. Cuma gw memang sekarang cium pipi hanya ke kolega deket (sekitar 30-an deh), keluarga gw, temen & kenalan deket. Orang baru kenal cuma salaman aja dan bilang “Ik zoen niet” (gw ngga cium). Kalo ada yang cunihin mau nyosor aja kaya angsa gw akan kakuin tangan gw dan bilang “Pas op: ik ben verkouden” (awas, gw lagi pilek). Catatan: sebangganya londo bilang kebiasaan cium pipi 3x ini unik didunia, ternyata ada juga budaya cium pipi 4x di Perancis Selatan & beberapa negara Timur Tengah (hanya cowok ke cowok).

Tulpen

Selamat!
Ini asli kebiasaan yang sampe sekarang gw ngga ngerti. Jadi gini: kalo loe ultah dan bikin pesta, semua orang yang dateng akan nyelametin loe dan suami, istri, pacar, orang tua, adik, kakak, temen deket loe dan SEMUA tamu lain yang udah hadir juga! Gefeliciteerd! Selamat! Ini diiringi dengan cium pipi 3x bo. Walopun ngga ngerti karena menurut gw ngga logis, gw ikutan lah nyelametin berjamaah gini, cuma gw pilih-pilih siapa yang gw cium pipinya 3x. Parahnya lagi kalo di pesta ultah, loe ngider dan negur semua orang plus cium pipi 3x bukan hanya waktu dateng, waktu pulang juga. Rempong ye!

Bulan September lalu satu kolega gw anaknya nikah sama orang Amerika di Iowa, USA. Pergilah serombongan londo ini, sampe 50 orang kesana. Selesai pemberkatan nikah digereja, kolega gw nyalamin anak & mantunya, terus besannya, terus nenek mantunya dia. Si nenek reaksinya “Thanks dear, but I am not the bride”😉 Kebayang ngga loe kocaknya situasi waktu itu. 50 londo nyelametin satu sama lain dan tamu lainnya tapi tamu Amerikanya ngga🙂.

Pesta
Sebagai orang Indonesia pesta itu bagi gw identik dengan makanan, disini bukan berarti. Inget deh pertama kali kepesta disini. Gw baru 3 bulan di Belanda, Jolanda (pacar temen deket laki gw) ulang tahun. Datenglah kita jam 8.30 kepestanya dia, belum makan Ikke (ini spelling yang bener untuk kata saya dalam bahasa Belanda dari Ik, bukan Eke atau Eyke, ok) dan suami belum makan. Ternyata hidangannya hanya cemilan doang! Jadi asli malem itu gw makan kacang, keripik, crackers pake salad dll. Kelaperan, akhirnya kita beli Dönner Kebab dijalan pulang. Ah, disaat gitu gw sangat kehilangan makan ditenda di Jakarta yang buka 24 jam. Roti Bakar, Sate, Bubur Ayam & the gang di Blok S, I miss you.

Pesta kawinan juga gitu. Ada tiga macem undangan pesta perkawinan. Pertama: hanya diundang di catatan sipil/gereja. Kedua: Diundang ke makan malam dan resepsi. Ketiga: diundang seharian dari catatan sipil sampe ke resepsi. Yang makannya ok sih biasanya yang ikut makan malam. Tamu dicatatan sipil/gereja ngga dijamu, paling hanya kopi, teh & cake. Makanan di resepsi pernikahan biasanya buffet makanan kecil. O ya, orang Belanda juga selektif undang orang. Selain biaya karena mahal ngundang orang banyak, mereka juga hanya ingin berbagi momen perayaan ini untuk yang mereka kenal deket. Gw sih ngga heran lagi sekarang. Dulu awal tinggal sini sempet jleb juga rasanya karena masih Indonesia banget pola pikir gw. Gw pikir ngga diundang berarti tu orang ngga suka sama gw, ternyata ngga kok.

Pakaian
Orang Belanda gaya berpakaiannya secara umum santai. Untuk perempuan mungkin juga agak ribet mau dandan rapi karena banyak naik sepeda, terus angin disini kenceng. Saking santainya ada yang tega pake jeans ke pesta kawin. Sampe sekarang gw kadang overdressed ke pesta kawin. Awalnya karena ngga tau, sekarang memang sengaja karena prinsip gw kita sebagai tamu harus menghormati yang punya hajatan. Lagipula kapan lagi gw dandan seru, abis orang Belanda jarang tau yang nikah. Sepertinya juga udah abis temen londo seumuran gw yang nikah.

Jadi jangan loe gampang percaya adegan difilm-film ye, pesta pernikahan mewah digambarkan para ceweknya pake gaun malam yang panjang, dandannya rapi, para cowok pake setelan jas bahkan tuxedo. Ini ngga selalu bener saudara-saudara. Kecuali loe bangsawan, orang kaya banget atau snob memang pestanya jor joran, pesta pernikahan di Belanda biasa itu keliatan dari ada pengantennya (ya iya lah), ada keluarga sipenganten yang biasanya pake corsage (korsase), perempuan pake baju rapi (ngga selalu gaun panjang, lebih ke cocktail dress gitu), yang laki pake setelan jas bukan tuxedo. Tamunya sih ngoboi.

Lain dengan cewek Indonesia yang koleksi bajunya ada baju kantor, baju ngemall & baju pesta, cewe londo kalo diundang pesta pernikahan seharian, beli baju ya yang dia bisa pake untuk kerja. Biar ngga rugi judulnya. Tentu ada juga lah fashionista di Belanda, cuma kebanyakan orang sini ya casual semua. Eh tapi imigran dari Turki, Maroko, Suriname, Antillen, Maluku & Indonesia kalo dandan rapi ya dan sesuai kesempatan. Kadang gw kalo lagi centil dan ada presentasi dimana gw musti meyakinkan orang, gw dandan rapi lah. Kolega gw biasanya komen, “Eh Lorraine, nanti pulang kantor ada date ya sama laki loe”.

Makanan
Kuliner Belanda lumayan enak tapi ngga spektakuler. Kebiasaan mereka sehari hanya satu kali makan yang panas. Makan siang ya sandwich, salad kadang pake soup. Keluarga londo asli yang masih tradisional dan belum kena globalisasi tiap hari makan malemnya: kentang rebus/pure kentang, 1 potong daging/ikan/ayam, seporsi sayur rebus dan saus. Kadang gw suka ngeyel sama temen kantor yang maunya hanya masak maksimal 30 menit untuk makan malem. Dan dia maunya makannya sehat pula, bukan yang dipanasin di microwave. Dia sering takjub kalo denger gw masak tiap hari habis waktu lebih dari 45 menit. Oh ya, orang Belanda yang punya anak kecil rata-rata makan malemnya jam 5 sore! Paling malem ya jam 6 atau 6.30 malem.

Speculaas

Anak gw merhatiin kalo liburan di Eropa, ada keluarga yang pesen makan lengkap jam 5 sore direstoran, menurut dia pasti ini keluarga dari Belanda🙂 Nah, setelah makan malem londo ngemilnya paling kacang, keripik, biskuit atau keju sambil ngopi atau ngewine. Ada nih cerita lucu tentang ini. Adiknya suami gw yang paling kecil istrinya londo banget padahal bapaknya dia Itali. Ibunya membesarkan istri ipar gw ini dengan cara londo. Kalo ulang tahun ipar gw ibu mertua gw buatlah jajanan Indonesia: lemper, risoles, pastel goreng dsb. Nah waktu itu kita udah makan malem (erwtensoep aja pake baguette/roti Perancis), ibu mertua gw mulai manasin semua jajanan. Eh ibunya istri ipar gw bilang: “Kalian belum kenyang?”🙂

Kupon
Kalo belanja di supermarket, saat bayar dikasir akan ditanya: “Anda mengumpulkan kupon handuk, panci, dll dsb?” Gw selalu geleng kepala. Orang Belanda seneng deh kumpulin kupon, stempel ini itu. Sampe Douwe Egberts punya toko khusus dengan produk yang bisa dituker dengan kupon. Sekarang loe ngga punya kupon bisa beli produknya, dulu ngga, hanya bisa dengan kupon. Untuk stempel ini biasanya dilunchroom atau salon. Udah ada 10 stempel, nanti dapet sandwich gratis atau 25% korting disalon. Bahkan gw pernah dapet hadiah buku karena 25 kali check in di Foursquare ditoko buku langganan gw.

Cuaca
Mau mulai ngobrol dengan orang Belanda? Coba mulai ngomong tentang cuaca. Pasti nyambung deh. Kedinginan orang sini ngomel, kepanasan rese, banyak hujan takut tanggulnya jebol, kemarau panjang marah karena tamannya jelek. Dari hasil gw tanya-tanya ke temen-temen londo gw, yang ideal menurut mereka temperatur 25 derajat Celsius, ada matahari tapi ngga terik.

image
Ini foto dari iPhone gw di kanal sebelah rumah waktu badai hari Senin lalu.

Inilah adat istiadat dinegara kecil, rata dan berangin tempat gw tinggal. Walaupun ada yang menurut gw ngga logis tapi lebih banyak yang positif dihal lain, jadi buat gw betah disini.

Mau tahu lebih banyak tentang kebiasaan di Belanda? Baca deh buku Undutchables.

46 thoughts on “Lain Padang Lain Belalang

  1. owww cium pipi 3 kali???? kalo lawan jenis mungkin kagok kali ya diawal2?

    pantesan deh kalo baca status fbnya temen2 yang tinggal di londo, pasti seputaran keluhan cuaca..

    • Kalo orang non Belanda ya kagok cuma untuk orang Belanda ini hanya cara menegur kok. Kadang juga hanya airy cheek to cheek kiss, ngga kena bibir🙂

  2. Wah seru bacanya, terbayang mesti ciuman pipi 3x akhh aku aja kdg cipika cipiki kadang malas kalo tak kenal dekat apalagi yang jauh… Mbak Aku mau nanya rada katro “londo” tuh arti harfiahnya apa sih? org lokal sana ya?

    • Iya Siti, Aku semakin lama tinggal disini semakin selektif cium pipi orang🙂 Pertanyaannya ngga katro kok. Londo itu bahasa Jawa untuk Belanda atau orang Belanda. Sorry malah kalo ngga ngerti.

      • Ohh gitu sorry gak ngerti hehe soalnya saya orang Bugis🙂 oh i see seru juga baca blognya jadi tahu kehidupan disana….

  3. Ha..ha.ha..soen 3 kali, jadi ingat tante soen lagunya Bimbo🙂, daku jaman sma dulu, pas hari lulusan di tawarin soen pipi sama teman cewek terseki di satu sekolah “Hari ini gak pa pa deh, aku kasih soen” kata doi, sayangnya tawarannya daku tolak..ha.ha.ha..

  4. Yang paling kagok pas nyampe disana itu pas dicium 3x, sampai bengong sama kemana2 mereka casual, even ke meritan aja, walaupun mereka family (kakak/adik pengantin), bajunya casuallll banget yaaa, nyantai. Kalau soal going dutch emang udah diperingatin seh Mba, sama kalau masak dinner misalnya, kalau weekend kan aku bebas, selalu ditanyain mau makan di rumah atau gak, jadi kalau aku bilang gak, walaupun aku di rumah ya gak diajak. awal2 nya seh agak gimana, tapi lama2 ya udah kebiasaan🙂 Lain padang lain belalang banget ya Mba🙂

    • Iya, betul kan Astrid. Dan memang kadang suka mengelus dada orang Belanda yang slebor dandan ke pesta pernikahan.

      Untuk makan, udah dijatah ya. 1 orang 4-5 kentang rebus, 1 potong daging/ikan/ayam & sayur. Masaknya dipas-pasin. Kita masih laper berabe deh, ngga ada porsi extra🙂

    • Males Fit sekarang. Dulu masih rajin karena pikir berlaku sopan ikut adat istiadat sini, sekarang selektif.

      Iya dong imigran cinta. Mending disebut begini daripada post bride😉

  5. Iya mba, yang cipika cipiki ampe 3x itu juga bikin aku kaget waktu ke Belanda pertama kali belasan tahun yang lalu. bingung kok rauwisuwis gini cipika-cipikinya.. Hahaha

    Kalo soal makan malem, aku dirumah juga makannya jam segitu mba. Semua gara2 suamiiiii. Uurgh. Padahal dulu di Indo makan malem selalu di atas jam 7-8, trus jam 5 udah ditarik2 makan itu rasanya ga nendang. Keburu laper lagi malemnya.. >_<

    • Ribet ya Be cium pipi 3x. Oh, sama toch disana makan malem jam 5 sore? Ngga enak ya, kepagian. Aku makan malem sih jam 7 – 7.15.

  6. Kalau soal cium menicum, jadi ingat kebiasaan waktu aku di Mexico. Kadang baru sekali ketemu aja pakai cium pipi. Berhubung temen2ku di Mexico mayoritas cowok, dan ada pula yang udah nikah, jadi ngebayangin kalau diterapkan di Indonesia, wah bisa-bisa aku diteror sama istri atau pacar-pacar mereka😀

  7. Mbaa Yo,, Itu spekulas nya menarikk hati banget..Haha.. Jadi pengen secepatnya natal biar bisa makanin..

    Owhh Belanda itu cipika cipiki 3x yah? #barutahu..hheehehe..

    Demen dah ikke tinggal di belanda klo berpakaian nya santai gitu..hihihi😀

  8. mba Yooooo, yg cium 3 kali itu aku udah beberapa kali ngalamin dari pacarnya temen sampe temen2nya si matt yg orang belanda, agak kikuk gitu yaa hehehe.
    kalo going dutch sekarang juga udah sering banget ngalamin itu🙂 tapi kalo temen2 si matt yang dari US dan canada biasanya mirip kita sih langsung bagi seberapa banyak orang🙂

  9. Yang terakhir itu iya banget. Hampir semua yang Mbak Yoyen tulis di atas masuk materi pas aku ambil kelas akulturasi Belanda di Jakarta hehe..
    Eh tapi yang kupon aku baru tahu sih.😀
    Nah aku ngerasain orang Belanda itu cuek dan kelihatannya nggak terlalu antusias untuk memulai pertemanan. Udah satu blok kuliah temen Belanda ku cuma dikit. Dan yang kenal dan suka ngobrol pun cuma sebatas di kelas atau ada tugas kelompok aja. Kalau di Indonesia kan pas ada temen baru itu biasanya kita ajak ngopi atau makan bareng, atau malah main2 ke rumah gitu ya. Hehe..

    • Bagus ya persiapannya di Jakarta kalo infonya lengkap gitu🙂

      Memang orang Belanda umumnya ngga gampang deket sama orang baru kenal. Cuma semakin ke bawah (Selatan) karakter orangnya semakin terbuka. Di Groningen memang orangnya dikenal reserved gitu Cha.

  10. Klo di kalangan tmn2 belanda gt klo ada pesta pasti disuruh bawa minum sendiri..boohh! Dan yg ga suka nya klo ultah bukannya di traktir eehh di suruh nraktir taart..huh. Medit kali awak hahaha!! Untungnya tmn qt disini anak anak mix jd bukan londo totok jd pas kondangan pasti ada buffet atau gak 3/4- gangen dinner. Tp pernah jg ke pesta orang (bukan kondangan) yg ada di meja cm salad dan kacang:/ Dan yg paling londo banget juga tuh, koffie drinken! Budaya ngopi kyk minum aer ini bikin aku takjub padahl aku yg pecinta kopi aja ya ga segitu nya sama kopi..hihihi.

    • Ha…ha…iya bener. Kalo ulang tahun traktir orang atau pesta dirumah kitanya asik aja repot didapur ngeladenin tamu. Yang aku ngga ngerti juga kalo kita ultah, ada yang ngga bisa dateng pada harinya, dia keukeuh mau dateng dihari lain. Padahal kalo ngga bisa ya udah lah gitu.

      Minum kopi orang sini memang seperti minum air. Rata-rata 6 cangkir, gokil ya!

  11. Cium 3x ini sering banget dipraktekin ama temen ku yg baru pacaran ama orang londo, tiap ketemu selalu cipika cipiku 3x. awal nya risih tapi lama kelamaan cuek aja.

  12. Mo komen soal cium pipi, kalo orang ostrali disini cium pipi cuma 1x aza terserah mo kanan or kiri🙂 Waktu baru2 tinggal disini gue sering kebablasan menyodorkan pipi sebelah untuk dicium…doooh!🙂

  13. Ada berapa kesamaan, di taipei org2 pada ngumpulin kupon belanjaan. Karna 2bulan sekali pemerintahnya ngundi. Hadiah duitnya lumayan. +makan malam jam 5 sore hihi..

      • iya, spertinya ini negara emg udah kategori tajir yg nyenengin rakyatnya. itu kupon struk belanjaan, belanja apa aja yg kena pajak ya bakal di undi. aku brp x menang, brapa ratus ribu. hihihi

  14. Mbak yo, cium pipi 3x itu kiri kanan berulang 3x atau 3x di pipi yg sama? Hahaha kepo bgt ya aku. Abisnya penasaran lucu aja ngebayanginnya kenalan tp cium pipi 3x.

    Btw mbak, itu pemandangan di sebelah rumah kayak gitu? Ya ampun aku di rumah aja deh ga kemana2 kl gitu..

    • Ganti-ganti Mar, tergantung mulainya di pipi mana😉

      Iya, ini sebelah rumah. Kalo winter kanalnya beku banyak yang ice skating deh.

  15. Mo tanya nih, klo ada bpk tiri org belanda yang tinggal satu atap sama anak tirinya ber dua an dr tuh si anak tiri cewek msh abg 15 thn sampe umur 21 thn, mrk juga sering travel satu kamar( katanya pisah ranjang alias double bed). Apa itu wajar dsna ya??
    Oh ya ibu si anak tiri cewek ini udah meninggal lama. Tp si cewek belanda ini lbh milih tinggal dgn bapak tiri dari bpk kandung..normal ga ya?..sorry pertanyaan nya agak2 oot nehh…:))) tenk you sblmnya yaaa..

    • Wajar maksudnya apakah situasi seperti ini banyak di Belanda? Jawaban saya, ngga. Setidaknya saya ngga kenal orang hidup seperti ini. Mungkin si cewe ini lebih merasa deket ke bapak tirinya daripada bapak kandungnya. Situasi seperti ini banyak di Belanda, anak yang tidak ada hubungan sama sekali dengan orang tua kandungnya. Alasannya ya hanya mereka yang tahu.

      Tentang mereka tidur berdua atau terpisah di double bed, itu kembali kemereka masing-masing. Orang Belanda ngga ambil pusing dengan hidup orang lain, selama ngga ganggu mereka.

  16. Kedinginan orang sini ngomel, kepanasan rese, banyak hujan takut tanggulnya jebol, kemarau panjang marah karena tamannya jelek.. kalau yg ini sih sama aja kayak orang Indonesia mbak, doyan ngedumel, jangan2 warisan dari penjajah Belanda dulu yaa hahahaha..
    Budeku yg nikah sama orang Belanda juga masaknya kalau sore aja mbak, baik pas mereka tinggal di Belanda ataupun pas lagi tugas di Indonesia, pagi sarapan roti atau cereal, siang makan sandwich, malam baru deh makan besar masakan Indonesia kayak soto, rawon, sop atau masakan barat kayak steak plus salad dll.

    • Ha..ha..atau itu dasarnya manusia yang ngga pernah puas ya Shin. Menarik kalo baca status temen-temenku di Indonesia yang kepanasan sementara aku disini kedinginan tapi pingin banget pake sendal jepit dan daster.

      Iya, londo kui rosonya aneh kalo sehari dua kali makan makanan hangat🙂 Aku juga masak hanya 1x/hari kecuali weekend. Kadang aku masak yang anget-anget untuk lunch. Itu juga jarang sih.

  17. Pingback: Belajar mengenal Dunia dari Tulisan | rianamaku

Tell me what you think

