Bahasa Indonesia / Dutch Affairs / Family / History / Thoughts

Pietitie

Pietitie itu nama satu Facebook page di Belanda, plesetan gabungan dua kata: Piet dari Zwarte Piet (Piet Hitam) & Petitie (Petisi). Sejak online kemarin siang sampai tadi sore jam 4 pagenya Pietitie di Facebook udah ada lebih dari 1 juta likes! Kenapa sampe ada petisi untuk Zwarte Piet? Alasannya adalah beberapa ormas londo yang menuntut supaya pawai Sinterklas dan Zwarte Piet disesuaikan, jika mungkin dilarang.

20131023-205344.jpg
Foto: Relirel.wordpress.com

Sinterklaas & Zwarte Piet
Orang Indonesia yang beragama Kristen/Katolik tidak asing dengan Zwarte Piet yang adalah asistennya Sinterklaas. Sesuai dengan namanya, Zwarte Piet ini hitam, bibir tebal dengan rambut keriting. Nah, di Belanda tradisi Sinterklaas adalah sebagai berikut.

Sinterklaas itu uskup berasal dari Myra, Turki tinggalnya di Spanyol. Dia sayang sekali dengan anak-anak kecil. Perayaan Sinterklaas itu sebenernya ulang tahun Sinterklaas tanggal 5 Desember. Dia bagi-bagi kado ke anak-anak kecil yang manis kelakuannya. Sabtu kedua bulan November Sinterklaas dateng ke Belanda dengan Zwarte Piet pake kapal uap dari Spanyol. Datangnya Sinterklaas dan rombongan tiap tahun diliput live di TV, pokoknya happening banget. Mulai saat itu sampai tanggal 5 Desember, Sinterklaas & Zwarte Piet akan merhatiin kelakuan semua anak di Belanda. Anak yang manis akan dapet kado, coklat & permen sementara anak nakal akan dipukul Zwarte Piet dengan sapu lidi dan dibawa didalam karung ke Spanyol. Tahun lalu gw nulis perayaan Sinterklaas dalam bahasa Inggris.

20131023-204955.jpg
Foto: Daan Schouwe

Banyak nih anak-anak kecil yang stress saking mereka takutnya sama Zwarte Piet. Gimana ngga stress kalo acara TV untuk anak-anak ya isinya Sinterklaas & Zwarte Piet, belum pagi di sekolah juga. Dari datangnya Sinterklaas sampe tanggal 5 Desember tiap malem anak-anak menyiapkan sepatu isinya wortel (untuk kudanya Sinterklaas), sajak untuk Sinterklaas atau daftar hadiah yang mereka mau. Para orang tua akan ambil upeti ini kalo anaknya tidur & ditukar dengan kado kecil. Paginya si anak bangun & seneng dapet kado karena dia percaya Sinterklaas mampir kerumahnya. Puncaknya ya tanggal 5 Desember dimana 1 anak bisa terima rata – rata 4 kado.

Catatan:

  • Rancunya di Indonesia Sinterklaas itu Santa Claus Amerika tapi dirayakan tanggal 5 Desember dengan Zwarte Piet. Sementara Santa Claus aslinya di Amerika muncul malam natal. Orang Belanda percaya bahwa Santa Claus itu Sinterklaas yang dibawa imigran Belanda ke Amerika. Setelah didaur ulang, jadi Santa Claus.
  • Perayaan Sinterklaas ini sebenarnya tidak identik dengan Natal. Di Belanda orang pasang pohon Natal setelah tanggal 5 Desember.
  • Sewaktu Natal orang Belanda ngga ada tradisi bagi hadiah.
  • Dalam bahasa Belanda Zwarte Piet dipakai sebagai ungkapan negatif yang berarti kambing hitam.

20131024-180310.jpg

Kenapa Pietitie?
Sejak beberapa tahun terakhir ini beberapa ormas keberatan dengan Zwarte Piet. Menurut mereka Zwarte Piet itu rasis karena mewakili budak hitam dari Afrika. Sementara itu orang Belanda asli percaya bahwa Zwarte Piet itu hitam karena masuk kerumah lewat cerobong asap. Pro vs kontra ini yang jadi pencetus Pietitie. Pietitie menuntut supaya Zwarte Piet tidak punah. Diskusi mengenai rasisme Zwarte Piet ini mulai 3 minggu yang lalu. Tiap tahun sebulan sebelum Sinterklaas datang yang kontra sibuk kampanye anti Zwarte Piet. Puncaknya kemarin setelah PBB membentuk komisi untuk menyelidiki apakah betul Zwarte Piet itu bentuk rasisme. Parahnya salah satu anggota komisi ini kemarin diwawancara di TV londo dan dia menyatakan seharusnya Belanda melarang Sinterklaas & Zwarte Piet. Kebayang kan marahnya londo gimana.

Pengamatan gw
Sebagai imigran pertama kali ngerayain Sinterklaas sama keluarga ipar gw kaget. Bukan karena Zwarte Piet tapi karena banyaknya kado yang diterima per anak. Materialistis dan konsumtif banget. Ngga heran juga sih kalo dilihat data omzet retailer di Belanda puncaknya ya seputar Sinterklaas, bukan di hari Natal. Semakin kesini semakin ngerti dengan yang kontra Zwarte Piet. Zwarte Piet itu selalu karakternya konyol, kelakuannya kocak-kocak bego gitu, bahasa Belandanya pun patah-patah. Zwarte Piet itu seperti komedian slaptick yang humornya garing tapi anak kecil rasa lucu banget. Sementara Sinterklaas yang berkulit putih itu berwibawa sekali sebagai majikannya. Gw mulai lihat Zwarte Piet memang budaknya Sinterklaas setelah baca sejarahnya semakin yakin. Zwarte Piet hanya ada di Belanda karena Zwarte Piet itu karangan penulis Belanda Jan Schenkman dibukunya Sint Nicolaas en zijn knecht (Santo Nicolaas -nama aslinya Sinterklaas – dan budaknya). Dibeberapa negara Eropa yang juga ngerayain Sinterklaas, ngga ada itu Zwarte Piet.

20131023-205936.jpg
Foto: Geheugen van Nederland

Waktu denger pertama kali ormas protes gw sempet mikir mereka kok sensi ya. Kan tinggal di Belanda dan perayaan Sinterklaas ini budaya setempat. Tapi setelah gw ngelihat bahwa anak kecil londo ada yang manggil Zwarte Piet ke orang berkulit hitam yang antri didepan gw di supermarket, gw baru ngeh tradisi ini asli memang menghina ras negroid. Gimana ya, sebagai history nerd, menuntut Zwarte Piet dihapus itu menurut gw sama dengan menyangkal sejarah dong. Memang betul kan nenek moyang mereka diperbudak oleh orang kulit putih. Cuma disisi lain gw juga maklum perasaan orang berkulit hitam yang tinggal disini. Sakit hatinya mereka tiap tahun diingatkan masa lalu nenek moyangnya dengan cara yang ngga enak. Walaupun begitu terbagi dua kubu orang kulit hitam yang anti Zwarte Piet & kubu lainnya yang justru ikut ngerayain. Dan ada juga orang Belanda berkulit putih yang menyokong gerakan kontra Zwarte Piet.

Sementara itu diskusi kian memanas, bahkan hal ini juga sampe dibahas diparlemen. Perdana Mentri Mark Rutte bahkan hari Senin lalu buat pernyataan: Zwarte Piet memang faktanya berkulit hitam, so what? Menurut rekan sekerja gw wong londo asli dia rela Sinterklaas dihapus kalau Matador di Spanyol juga dilarang. Gw sendiri cenderung ke arah melestarikan Zwarte Piet tapi tanpa kelakuannya yang konyol itu.

21 thoughts on “Pietitie

  1. rame banget bahasan Zwarte Piet ini ya. aku bisa mengerti ada pihak2 yg sensi ttg ini *baca asal Afrika atau jajahan Belanda yg dulu nenek moyangnya pernah jadi budak*. kmrn baca status teman asal Antilian tentang ini. Dia sendiri gak memasalahkan, yang dia kuatirkan adalah reaksi orang2 londo sendiri, ada yang mengumpat kalo ga suka budaya sini ya gak usah tinggal di sini, pake rot op dll yang gak enak dibaca. Tambah jelek aja orang asing di mata orang lokal.

    Aku juga perhatikan di komen orang2 di fb ada yang merambat2 sampe melarang kerudung segala macam. Masalah Zwarte Piet kok jadi besar seperti ini? Kok jadi merambat kemana2? Tambah sedih liat keadaan sini, semoga cepet berlalu. Kok multiculturele samenleving jadi tambah parah…

    • Begitulah Ret reaksi primer dan spontan kebanyakan londo. Coba kalo si Piet Hitam lewat cerobong asap masuk rumah memang deh jadi hitam tapi kok bibirnya tebel & rambutnya keriting.

      Aku sih ngga keberatan tetep ada Zwarte Piet karena ini folklore tapi mbok ya jangan jadi karikatur gitu dengan stereotypenya yang negatif.

      Mengenai debat yang melenceng kehal lain, mudah-mudahan ngga dispin sama si Wilders untuk kampanye ya. Miris juga liatnya.

  2. Yang zwarte piet (mbak, ini aku ngetiknya nyontek bener2 deh, ke jurnalmu. Haha) item karena masuk lewat cerobong asep, masuk akal juga sih…
    Cuma… nyatanya menurut sejarah kan dulunya ras negro diperbudak sm kulit putih, ya?
    Ah, ini nih yg paling aku nggak suka sama orang yg masih mandang2 sara. Jatuhnya rasis yg diturunkan ke keturunannya juga..😦

    • Nah itulah. Saking udah mengakar mereka anggap itu biasa. Sampe ada versi lewat cerobong asap itu yang menurutku ngga mungkin. Sempit banget Fit soalnya🙂 Memang dulu budak ya. Misalnya tetep mau dilanjutkan tradisi ini mbok ya Zwarte Pietnya diupgrade kek, ngga usah bego gitu penampilannya.

  3. Aku dulu percaya loh mba sama Santaclaus. Hahaha kl diinget2 kocak juga naro kaos kaki di depan kamar + list hadiah yg kita mau. Ternyata eh ternyata🙂

    Santa Claus dan zwarte piet ini kan harusnya jadi kenangan indah ya mba.. Apalagi kl udah masuk sbg budaya setempat ya memang hrsnya dilestarikan. Ih ga kebayang senengnya aku kl ngerayain Sinterklaas dan Natal di sana yang keliatannya meriah bgt :’)

    Tapi memang disayangkan bgt untuk kasus zwarte piet ini. Kasian org2 negro yang tinggal disana juga. Tapi keren ya mba sampe dibahas di parlemen segala. Hahaha aku noraaak

    • Ha…ha…ngga norak sih Mar, kan cuma ngga tau karena memang ngga tau. Padahal walaupun Sinterklaas itu Santo Katolik sebenernya perayaan ini di Belanda ngga ada hubungannya sama hari Natal loh.

      • Oh yaa? Sedangkan disini sinterklas itu deket bgt sama yang namanya hari Natal ya.. Dimana ada Natal, disitu ada Sinterklaas bagi2 hadiah. Tapi disana Sinterklaasnya juga identik sama baju merah ijo nya gt ga mba?

        • Ada tuh fotonya aku pasang diatas Mar. Nah itu rancunya perayaan Sinterklaas di Indonesia. Dirayain tanggal 5 Desember dengan Zwarte Piet sama seperti versi Belanda tapi Sinterklaasnya sebenernya Santa Claus. Aku rasa Santa Claus ini yang buat perayaan Sinterklaas dengan suasana Natal. Seperti ada dipost diatas Santa Claus itu kan bagi-bagi kadonya di malam Natal. Rada njelimet ya🙂

        • Oh iya, bajunya malah mirip2 baju Paus gt ya mba ato ngga bajunya pastor. Hehehe. Iyaah mba, njelimeet >.< Tapi yang penting semoga budaya kyk gini ga ilang ya, seru lagian walaupun ga berhubungan sm natal, perayaan disana ttp aja rame yaa kaan..🙂

  4. hmmmmm dibahas serius ya mba yo🙂 kalo aku disana aku ikut yang pit hitam ini jadi hitam karena masuk dari cerobong asap sih hehehe. ahhhh yang pasti Des itu menyenangkan karena ada banyak kado, pohon natal dan seru2an yang laen🙂

  5. Berarti yang dirayain di Manado tiap awal desember Sinterklaas ini dan bukan Santa Claus. Di Manado hampir setiap komunitas bikin Sinterklaas, nanti pada heboh deh soale 1 rombongan sinterklaas dan Zwarte Piet ini bisa sampe 6 mobil. Pasang lagu Natal kenceng2 trus muterin kota nganterin kado buat anak2 kecil yg udah didaftarin orang tuanya. Yg ada anak2 pada nangis kejer krn si Zwarte Piet ini. Mereka suka ngejarin anak2 trus dipukul pake sapu lidi coba..ckckc.. Jadi tau sekarang sejarahnya, thanks yah mba Yo.😀

    • Memang di Indonesia ngerayain Sinterklaas Belanda dengan tradisi Belanda cuma figurnya Santa Claus. Makanya pertama kali ngerayain Sinterklaas disini aku bingung.

      Ngana binyo tinggal di Manado Py?

      • Owhh.. harusnya sinterklaas bentuknya bukan begitu yah mba Yo?

        Udah ngerantau ke Jakarta mba😀 Disana banyak binyo ya mba? :p

        • Iya, Sinterklaas Belanda pake topi uskup & ngga gendut kaya Santa Claus. Aku setengah binyo tapi Manado kaart ha…ha…Mamaku yang binyo, papa Jawa.

          Banyak banget binyo disini, bahkan ada gereja binyo, perkumpulan binyo yang banyak acara seru🙂

    • Iya, banyak samanya ya Cha. Bahasa Belanda, Jerman, Inggris, Swedia, Norwegia, Finlandia, Denmark itu asalnya dari satu rumpun bahasa Indo-Germania. Aku punya temen tinggal di Denmark, kalo dia post artikel bahasa Denmark aku ngerti beberapa kata🙂

  6. Selalu nambah pengetahuan kalo main ke blog mbak yoyen. thanks for sharing yaa..🙂
    aku tinggal di belanda tapi ngerasa nggak tahu apa yang sedang terjadi. ada tv sih tapi jarang nonton karena males ke common room. eh makanya waktu itu aku nanya ya website berita bahasa inggris hehe.. mau nanya temenku yg belanda lupa mulu.

Tell me what you think

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s