Bahasa Indonesia / Dutch Affairs

Buta Aksara di Belanda

Minggu depan gw ikutan symposium memberantas buta aksara di Belanda. Pertama2 sih ngga kebayang di negara maju ini masih ada gitu orang2 yang ngga bisa baca tulis, tapi statistik ngga bohong. Di jaman online, email – en weet ik veel allemaal – ternyata banyak orang disini yang buta huruf. Penduduk NL ini jumlahnya 16 juta orang (at least yang legal), 1,5 juta orang ternyata masih buta aksara. Ok, koreksi! mayoritas dari mereka ini imigran yang buta aksara latin. Mereka asalnya dari negara yang punya abjad sendiri seperti negara2 Timur Tengah, India, Pakistan, Sri Lanka,Thailand.

Dan ternyata banyak juga londo yang buta huruf, kebanyakan generasi baby boomers (lahirnya setelah PDII, awal tahun 50-an). Mereka ngga sempet sekolah (dasar) yang bener waktu masih kecil karena harus bantu orang tua di rumah.

Orang buta aksara tentu aja malu untuk cerita ke orang lain. Ada satu ibu londo, umurnya pertengahan 50-an, hanya suaminya yang tahu dia buta aksara. Kedua anaknya dia ngga tahu. Jadi kalo harus tanda tangan aja sih, dia bisa karena dilatih terus tapi untuk baca…hmmmm. Sejak tahun lalu dia ikut program memberantas buta aksara, sekarang mevrouw ini jadi ambassador untuk program yang sama. Beliau akan jadi contoh yang nyata untuk orang2 yang masih malu/segan belajar baca tulis.

Beberapa bulan terakhir ini anak gw, udah mulai lancar membaca. Waktu G baru belajar baca tahun lalu kalo baca buku sama dia, gw ada gejala hyperventilatie, karena cara dia mengeja kata2…..Tapi lucu ya dipikir2 G sekarang ini, diusia muda telah menguasai salah satu skill yang penting dalam hidup manusia toch? baca tulis.

2 thoughts on “Buta Aksara di Belanda

  1. Wow…baru tahu bahwa ini bener2 ada yah, di negara maju kayak Belanda juga ada kasus buta aksara. Menarik!

  2. Makanya londo2 yg buta aksara disini malu. Kalo di Indonesia orang buta huruf bisa pake cap jempol sbg tanda tangan di surat2 resmi, di NL ngga bisa tuh.

Tell me what you think

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s